Mahasiswa Cilegon Dorong Anggota DPRD Terpilih Teken Fakta Integritas

Salah satu anggota DPRD terpilih saat menandatangani fakta integritas Di depan perwakilan Mahasiwa Cilegon.

BANTENESIA.ID, CILEGON – Mahasiswa Cilegon yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Cilegon (FMC) bersama 22 anggota dewan terpilih melakukan audiensi di Aula DPRD,  Kamis, (5/9/2024) kemarin. Audiensi merupakan tindak lanjut dari aksi yang dilakukan disela pelantikan 40 amggota dewan terpilih, Rabu, 4 September 2024.

22 anggota dewan terpilih akhirnya menandatangani fakta integritas sebagai komitmen untuk merealisasikan tuntutan yang diajukan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Forun Mahasiwa Cilegon (FMC).

"Penandatanganan fakta integritas ini menjadi simbol kesepakatan dan janji para anggota dewan terpilih untuk memenuhi aspirasi dan harapan mahasiswa serta masyarakat Cilegon, agar ke depannya kita bisa mengawal kinerja DPRD ini," kata Ali Misri, selaku Koordinator Lapangan FMC.

Ali menyebutkan, hanya 22 anggota dewan yang menandatangani fakta integritas, sementara yang lainnya mungkin akan menyusul. "Cuma 22 dewan yang terpilih tanda tangan, katanya yang lain menyusul, tapi keinginan kita semua ikut tanda tangan," ucap Ali.

Saat ditanya oleh awak media mengenai isi fakta integritas tersebut, Ali menjelaskan bahwa secara sederhana, fakta integritas itu adalah surat perjanjian komitmen dengan DPRD untuk lima tahun ke depan. "Misalkan anggota DPRD ini tidak bisa menjalankan komitmennya, mereka sudah menyatakan siap mundur dalam fakta integritas tersebut," jelasnya.

"Kalau misalkan mereka tidak mengundurkan diri sendiri, terpaksa kita akan turun lagi mengingatkan kembali dalam bentuk audiensi, aksi, dan lainnya," tandasnya.

Ketua DPRD Kota Cilegon Sementara, Rizki Khairul Ichwan menyampaikan, apresiasi terhadap aspirasi dari mahasiswa. "Aspirasi teman-teman mahasiswa ini juga menjadi saran konstruktif bagi kita selama lima tahun ke depan. Mahasiswa sebagai agen intelektual akan menjadi mitra kami," jelas Rizki.

"Nanti teman-teman mahasiswa akan dilibatkan dalam proses perumusan kebijakan. Mereka memiliki kajian ilmiah dan akademik yang penting, serta memperjuangkan aspirasi masyarakat Cilegon. Oleh karena itu, kita mengapresiasi dan memfasilitasi audiensi dengan mahasiswa," tambahnya.

(Ali/06)

Lebih baru Lebih lama