Waspada Kasus Cacar Monyet, Dinkes Cilegon Imbau Masyarakat Selalu Jaga Kesehatan

Ilustasi kasus cacar monyet.

BANTENESIA.ID, CILEGON – Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Ratih Purnamasari, mengingatkan warga untuk tetap waspada terhadap penyebaran kasus cacar monyet atau MonkeyPox (mpox), menyusul meningkatnya kasus di berbagai negara, terutama di Asia dan Afrika. 

"Alhamdulillah, hingga saat ini Dinas Kesehatan Kota Cilegon belum menerima laporan mengenai adanya kasus cacar monyet atau MonkeyPox (mpox) di Cilegon maupun di Provinsi Banten. Kami berharap, jangan sampai ada," ujar Ratih pada Selasa, 20 Agustus 2024. 

Ratih juga mengingatkan masyarakat tentang tingginya risiko penularan mpox dan mengimbau untuk menerapkan pola hidup bersih, serta menghindari kontak langsung dengan penderita.

"Masyarakat harus menjaga kesehatan dengan rutin mencuci tangan, mengenali gejala yang menyerupai cacar seperti demam dan munculnya benjolan, serta menggunakan masker saat batuk atau flu. Penting juga untuk menghindari kontak langsung dengan pasien mpox dan tidak melakukan perilaku seks berisiko," tambahnya. 

Diketahui, cacar monyet atau mpox merupakan penyakit infeksi yang ditularkan oleh virus Monkeypox dan memiliki gejala yang mirip dengan cacar lainnya. Hingga saat ini, kewaspadaan dan pencegahan dini menjadi kunci dalam menghadapi potensi penyebaran penyakit ini. (*)

Lebih baru Lebih lama