Program Beasiswa Full Sarjana Diakui Bantu Kampus dan Mahasiswa Cilegon

Salah satu mahasiswa saat tanya jawab dengan Wali Kota Cilegon dalam acara Youth Leadership Seminar 2024 di aula Diskominfo Cilegon.

BANTENESIA.ID, CILEGON – Program beasiswa full sarjana yang digulirkan Pemkot Cilegon selama tiga tahun terakhir diakui telah membantu perguruan tinggi di Provinsi Banten dan juga mahasiswa asal Kota Cilegon. 

Hal itu diungkapkan perwakilan Perkumpulan Politeknik Swasta Seluruh Indonesia (Pelita) Chapter Banten, Suryani, saat Youth Leadership Seminar 2024 yang dihadiri ratusan mahasiswa penerima beasiswa full sarjana, di Aula Dinas Kominfo Kota Cilegon, Selasa, 7 Agustus 2024. 

"Kami dari Politeknik swasta mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pak Wali dan juga Pemkot Cilegon atas program beasiswa full sarjana. Kami sangat terbantu dengan program ini," kata Suryani, sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Selasa, 7 Agustus 2024. 

Dikatakan Suryani, tak hanya perguruan tinggi yang terbantu karena mendapat peserta didik baru, mahasiswa asal Kota Cilegon juga terbantu oleh Pemerintah Kota Cilegon untuk bisa menempuh cita-citanya sehingga kelak bisa jadi manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa, khususnya Kota Cilegon. 

"Kami di Pelita Banten fokus pada pendidikan vokasi. Saat ini sudah empat yang bergabung, yaitu ada Politeknik PGRI Banten, Politeknik Aisyiyah Banten, Piksi Input Serang dan Politeknik Krakatau. Hadir langsung pada seminar ini seluruh penerima beasiswa full sarjana sebanyak 180 mahasiswa dan 200 yang mengikuti daring," katanya. 

Manfaat beasiswa full sarjana juga diungkapkan Wulan Syakila, mahasiswi Politeknik PGRI Banten. Ia dan keluarganya merasa terbantu karena bisa menikmati pendidikan tinggi dengan gratis.

"Alhamdulillah mudah-mudahan ini dapat menjadi jalan untuk saya dalam menggapai cita-cita yang saya inginkan. Terima kasih Pak Wali karena beasiswa ini semoga terus berlanjut ke depannya," kata dia. 

Hal senada diungkapkan Valerian Defara, mahasiswa Politeknik Krakatau Cilegon. Ia juga mengaku sangat terbantu dengan program ini sehingga dirinya dapat berkualiah dan melanjutkan pendidikan tinggi. "Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Helldy semoga program ini terus berlanjut ke depannya," kata dia. 

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan bahwa program beasiswa full sarjana bukan soal image, politik, dan bukan pencitraan, tapi bagaimana membangun SDM Kota Cilegon untuk 15-20 tahun mendatang agar bisa bersaing dengan di kancah nasional dan global.

"Bayangkan, ini program beasiswa full sarjana untuk 5.000 mahasiswa dikali Rp3 juta, kurang lebih Rp120 miliar. Ini enggak main-main karena tidak semua pemerintah daerah berani dengan kebijakan ini. Oleh karenanya beruntung kalian ada di Cilegon. Gunakan kesempatan ini untuk meraih cita-cita sekaligus membanggakan orangtua kalian," katanya. (*)

Lebih baru Lebih lama