Pemkot Cilegon Targetkan Belanja Tahun 2025 Sebesar Rp2,24 Triliun

Suasana rapat gabungan antara pemerintah Kota Cilegon dengan DPRD di aula Diskomnfo, Senin (6/8/2024).

BANTENESIA.ID, CILEGON – Pemkot Cilegon menargetkan belanja pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2025 sebesar Rp2,24 triliun. Anggaran ini meliputi belanja operasional, belanja modal, dan belanja tidak terduga.

Demikian diungkapkan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian saat rapat gabungan bersama DPRD Kota Cilegon membahas Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2025 bersama DPRD Kota Cilegon, di Aula Diskominfo Kota Cilegon, Senin 5 Agustus 2024. 

Dalam sambutannya, Helldy menyampaikan bahwa rapat ini merupakan tindak lanjut dari sidang paripurna yang digelar pada 22 Juli 2024 yang telah mempresentasikan rancangan anggaran Kota Cilegon pada tahun 2025. 

"Kami mengapresiasi kontribusi pimpinan dan anggota DPRD, khususnya Badan Anggaran, atas dukungan dan partisipasi aktif dalam proses pembahasan anggaran ini," kata Helldy, sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Senin, 5 Agustus 2024. 

Helldy juga menekankan pentingnya pembahasan anggaran ini sebagai bagian dari upaya mencapai target pembangunan yang telah ditetapkan dalam pedoman dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Cilegon 2021-2026.

"Proyeksi indikator makro untuk 2025 mencakup target-target penting seperti LPE (Laju Pertumbuhan Ekonomi) antara 4,64 persen hingga 5 persen, tingkat kemiskinan 3,73 persen, serta tingkat pengangguran terbuka 7-7,44 persen. IPM (Indeks Pembangunan Manusia) ditargetkan sebesar 79,1 poin, dan Indeks Gini sebesar 0,339 poin," paparnya. 

Helldy juga turut menggarisbawahi lima prioritas pembangunan untuk tahun 2025 di antaranya pemerataan kesejahteraan masyarakat, peningkatan layanan pemerintahan, peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan derajat kesehatan masyarakat, peningkatan kualitas pembangunan dan kehidupan masyarakat. 

"Kami berharap kerjasama konstruktif antara DPRD Kota Cilegon bersama Pemerintah Daerah dapat melanjutkan dalam menyusun dan mengimplementasikan anggaran yang mendukung visi pembangunan Kota Cilegon menuju masa depan yang lebih baik," ungkapnya. (Adv)

Lebih baru Lebih lama