Dinas Koperasi dan UKM Kota Cilegon Libatkan Pelaku UMKM Ikut Meriahkan Karnaval HUT RI

Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Cilegon. (diskominfo).

BANTENESIA.ID, CILEGON – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Cilegon bakal melibatkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk ikut memeriahkan karnaval dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) yang digelar Pemkot Cilegon, Sabtu 17 Agustus 2024. 

Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi dan UKM Kota Cilegon, Heryati, mengaku siap berkoordinasi dengan para pelaku UMKM agar memanfaatkan momentum karnaval untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat luas. 

"Kami akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Bagian Umum Setda Kota Cilegon agar kami diberikan ruang buat UMKM baik di sekitar garis star maupun di garis finis. Toh biasanya juga banyak pedagang masyarakat umum yang berjualan. Tapi ini pelaku UMKM yang kami bina selama ini biar mendapat tempat," jelas Heryati, sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Kamis, 15 Agustus 2024.

Dikatakan Heryati, jumlah UMKM di Kota Cilegon saat ini sudah lebih dari 18.000. Namun yang akan diprioritaskan untuk mengisi stand adalah mereka yang menjual produk minuman dan makanan ringan. "Pertimbangannya, karnaval nanti kan digelar di siang hari, otomatis cuaca panas nih kayaknya, sehingga ribuan orang yang hadir pasti merasa haus dan lapar. Nah di situlah UMKIM hadir menawarkan jajanan makan minum," katanya.

Selama ini, lanjut Heryati, pihaknya sudah memberikan pembinaan, serta memfasilitasi UMKM untuk mendapatkan pinjaman modal dengan bunga nol persen. Selain itu pembuatan sertifikat halal, pendataran Hak Kekayaan atas Intelektual (HAKI), daftar Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), sertifikat umur masa simpan, dan sertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

"Semua fasilitas itu gratis dibiayai pemerintah daerah Kota Cilegon. Nah, Ketika ada event-event seperti karnaval atau pameran pun mereka (pelaku UMKM) harus kami libatkan sebagai upaya untuk mengenalkan dan mempromosikan produk-produk mereka," jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Cilegon Didin S. Maulana menambahkan, pada karnaval HUT RI nanti, pihaknya akan menampilkan kostum para pahlawan seperti Soekarno, Muhammad Hatta, Tuanku Imam Bonjol, dan lain-lain. 

"Untuk memeriahkan karnaval, kami juga sudah siap dengan dekorasi kendaraan yang dihias dengan produk UMKM asal Kota Cilegon. Nah, momentum apapun yang kami ikuti, keberpihakan kami terhadap UMKM itulah yang kami kedepankan," tegasnya. 

Diketahui, Pemkot Cilegon bakal menyelenggarakan karnaval dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 RI pada Sabtu (17/8/2024). Karnaval dimulai dari Alun-alun di Jalan Jenderal Soedirman, hingga Rumah Dinas Wali Kota Cilegon di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa. Adapun pawai arak-arakan akan diikuti seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), badan usaha milik daerah (BUMD), serta kecamatan dan kelurahan di Kota Cilegon. (*)

Lebih baru Lebih lama