Chandra Asri Group Dukung Pemkot Cilegon Melalui Bantuan Kemasan Uji Coba Program MBG

Direktur Legal, External Affairs, dan Circular Economy Chandra Asri Group, Edi Riva'i bersama Wantimpres dan Wali Kota Cilegon saat bahan daur ulang disela moment uji coba program Makan Bergizi Gratis. 

BANTENESIA.ID, CILEGON – PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group), perusahaan solusi kimia dan infrastruktur terkemuka di Indonesia, turut berpartisipasi dalam pilot project program pemerintah Makan Bergizi Gratis (MBG) di lima sekolah di Kota Cilegon. Sebanyak 2.054 siswa menjadi penerima manfaat program ini, di mana mereka mendapatkan satu set alat makan berbahan plastik tersertifikasi SNI, Halal, dapat digunakan kembali dan didaur ulang beserta makanan bergizi.

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Wiranto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa program Makan Bergizi Gratis di Cilegon merupakan bagian dari program nasional yang didukung oleh perusahaan-perusahaan setempat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Aktivitas ini merupakan wujud kerja sama antara pihak swasta dan pemerintah dalam mendukung kesejahteraan masyarakat. "Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan skema makan bergizi gratis di Kota Cilegon yang melibatkan CSR industri. Terima kasih kepada Chandra Asri yang telah berpartisipasi dalam program ini," ujar Wiranto.

Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, menambahkan bahwa dalam pilot project Makan Bergizi Gratis ini, sebanyak 10.314 siswa dari 23 sekolah telah menerima manfaat. Pembiayaan program ini bersumber dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan-perusahaan yang berada di Kota Cilegon.

"Kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh perusahaan yang terlibat, serta atas kepercayaan yang diberikan kepada Kota Cilegon sebagai lokasi pilot project Makan Bergizi Gratis. Pemerintah Kota Cilegon siap mendukung dan menyukseskan realisasi program pemerintah pusat demi peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat," ujar Helldy.

Sementara itu, Direktur Legal, External Affairs, dan Circular Economy Chandra Asri Group, Edi Rivai, juga menjelaskan bahwa kontribusi Perusahaan ini merupakan bentuk dukungan penting dalam program pemerintah untuk mencegah stunting dan gizi buruk dan membantu pertumbuhan ekonomi Kota Cilegon serta menjaga keberlanjutan lingkungan.

"Dalam program ini, dukungan kami tidak hanya berupa makanan bergizi dan susu, tetapi juga termasuk bantuan berupa tempat makan dan botol minuman dari plastik berkualitas tinggi yang diproduksi di Cilegon. Nantinya, tempat makan dan botol plastik ini dapat digunakan kembali untuk makan siang yang disediakan oleh pemerintah," jelasnya.

Edi juga menambahkan bahwa bantuan kemasan dalam program ini turut mendukung perekonomian dalam negeri, karena produksi dan bahan bakunya berasal dari produsen lokal. Selain itu, penggunaan tempat makan ini juga membantu menjaga higienitas makanan, sehingga siswa-siswi penerima bantuan dapat mengonsumsinya dengan aman. Kami mengharapkan agar kemasan makanan yang digunakan pada program MBG mendatang dapat menggunakan plastik dengan mempertimbangkan standar dan manfaat yang telah disebutkan sebelumnya.

Pilot project program Makan Bergizi Gratis di Kota Cilegon berlangsung pada 19 – 22 Agustus 2024, dengan sekolah-sekolah yang menjadi sasaran Chandra Asri Group, yaitu SMPN 5, SDN Cilegon 09, SDN Cilegon 12, SDN Pangabuan, dan SDN Samangraya I. 

(*/Red).

Lebih baru Lebih lama