450 Lebih Pecatur dari Berbagai Daerah Ikuti Turnamen Open Wali Kota Cilegon Cup

Ratusan pecatur tengah mendengarkan sambutan dari Wali Kota Cilegon dan Anggota DPR RI Ahmad Dimyati Natakusuma sekaligus Bacalon Wakil Gubernur Banten.

BANTENESIA.ID, CILEGONSebanyak empat ratus lima puluh lebih atlit catur dari berbagai daerah bertading dalam "Turnamen Catur Open Wali Kota Cilegon Cup" di Mall Sosoro Pelabuhan Executif Merak", Minggu (4/8/2024). Enam puluh empat diantaranya dari kategori junior yang didominasi para pelajar.

Ketua Panitia Turnamen Catur Open Wali Kota Cilegon Cup,  Iyus mengatakan, Catur open digelar dalam rangka memotivasi para atlit catur yang ada di Kota Cilegon. Sehubungan dengan antusiasnya pendaftar, maka panitianya berkesimpulan turnamen catur dibuka secara open.

Berdasarkan catatan panitia, pendaptar berjumlah 398 atlit ditambah 64 dari kategori junior.

"Perkiraan pelaksanaan turnamen, akan berlangsung sampai pukul 20 hingga 21.00 WIB. Untuk atlit junior rata-rata dari pelajar," ujar Iyus.

Iyus menambahkan, total hadiah yang disiapkan panitia sejumlah 25 juta ditambah doorprize. Adapun tema yang diusung Turnamen Catur Open Wali Kota Cup adalah berkaitan dengan moment Hari Kemerdekaan RI yang ke 79.

Guna memperlancar jalannya turnamen, pihak panitia menyiapkan sembilan orang wasit dari Percasi Provinsi dan Percasi Kota Cilegon serta Koni. Sementara jumlah panitia sendiri disiapkan sebanyak empat puluh orang.

Sementara itu, Ketua Percasi Kota Cilegon Hasan Saidan menyampaikan, antusiasme atlit catur yang diselenggarakan cukup tinggi. Para peserta yang hadir juga, tidak berasal hanya dari Banten saja melainkan, Depok, Kalimantan, Lampung, Bandung, Aceh dan daerah lainnya.

Menurut Hasan, terselenggaranya Turnamen Catur Open Wali Kota Cilegon Cup itu untuk tujuan mengolahragakan masyarakat.

"Mudah-mudahan, Catur ditengah-tengah masyarakat ini bisa dijadikan perubahan mental positif terutama bagi pemuda sebagai generasi saat ini," ucapnya.

Kata Hasan, Catur merupakan sesuatu yang disukai oleh seluruh lapisan masyarakat, Pemerintah, Pejabat, Tukang Ojek dan lainnya. Hal itu terlihat dari antusiasme peserta yang cukup bersemangat meski datang jauh dari luar Kota, untuk dapat bersilaturahmi dan bertanding menguji kemampuan yang dimiliki.

Hasan juga mengapresiasi semua pihak yang turut mensupport terselenggaranya Turnamen Catur Open baik dari Pemerintah, Pengusaha maupun pihak-pihak lain, sehingga Turnamen berjalan sesuai harapan

"Tentunya kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah dan pihak-pihak lain. Karena, tanpa dukungan mereka, kita tidak akan ada disini. Mudah-mudahan, Pemerintah Daerah ke depannya lebih mensupport lagi," tutur Hasan.

Pesan Hasan untuk para atlit catur junior, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Cilegon, lebih memperhatikan lagi dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada para atlit atau penghobi catur khususnya pelajar melalui sekolah-sekolah yang ada di Cilegon.

(Wan/02)

Lebih baru Lebih lama