Siagakan 3 Posko, DPKP Kota Cilegon Imbau Masyarakat Waspadai Kebakaran

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DKPP) Kota Cilegon. (diskominfo).

BANTENESIA.ID, CILEGON – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cilegon mengimbau agar masyarakat dapat terus mewaspadai adanya bencana kebakaran. Hal itu menyusul dimulainya musim kemarau. Dalam upaya memaksimalkan pelayanan, DPKP telah menyiagakan 3 posko siaga Damkar yang tersebar diwilayah Kota Cilegon. 

Kepala DPKP Kota Cilegon Acmad Jubaedi mengatakan bahwa pihaknya siaga selama 24 jam untuk memberikan pelayanan pemadam kebakaran bagi masyarakat.

“Kita sama-sama berdoa agar terhindar dari bencana kebakaran. Meskipun demikian, kami selalu siaga untuk memberikan pelayanan secepat mungkin terhadap adanya peristiwa kebakaran,” katanya.

Baca juga 

Pendaftaran PPDB Online di Cilegon Membludak, Termasuk SMPN Baru Jadi Favorit

Pelaku Pembunuh Anak Balita di Serang Banten Pernah Minta Keluarga Gorok Dirinya 

“Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Cilegon untuk terus mewaspadai dan menghindari aktivitas yang dapat memicu terjadinya kebakaran, terutama pada musim kemarau. Dimana, api dengan sangat mudah membakar benda kering,” tambah Jubaedi.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pertolongan Non Kebakaran pada DKPP Cilegon menjelaskan, ada beberapa poin yang perlu dilakukan masyarakat dalam upaya menghindari terjadinya bencana kebakabaran ditengah musim kemarau diantaranya, melakukan pengecekan rutin instalasi listrik, tidak memakai steker bertumpuk, tidak memasang stop kontak ditempat basah atau berair, hindari pemakaian listrik secara illegal, ganti kabel listrik yang tidak layak pakai, awasi penggunaan lilin atau sejenisnya saat terhadi pemadaman listrik, tidak meninggalkan kompor yang tengah menyala dan cabut regulator dari tabung jika hendak meninggalkan rumah.

“Selain itu, kami juga mengimbau agar masyarakat tidak membakar sampah diatas lahan kering dan hindari membuka lahan dengan cara dibakar. Jika terjadi atau melihat kebakaran, silahkan segera hubungi nomor Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (0254) 377113. Kami akan merespon dalam hitungan detik,” tuturnya. 

Dalam hal ini, Nuryadin menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiagakan tiga posko Damkar yang tersebar diseluruh wilayah Kota Cilegon. Hal itu dilakukan untuk mendekatkan pelayanan Damkar kepada masyarakat. Ketiga Posko Damkar tersebut diantaranya Posko Citangkil untuk wilayah Citangkil dan Ciwandan, Posko Purwakarta untuk wilayah Purwakarta dan Jombang dan Posko Merak untuk wilayah Pulomerak dan Grogol. “Piket di Mako (Markas KOmando) selalu siaga 24 jam dengan jumlah personil 16 orang. Sementara di Posko masing-masing siaga 4 personil. Jadi, totalnya per hari 28 personil,” jelasnya. (Adv)

 



Lebih baru Lebih lama