Perwujudan Cilegon Smart City, Titik Rawan di 43 Kelurahan se-Kota Cilegon Bakal Terawasi CCTV

Kepala Dinas Kominfo saat meresmikan pemasangan CCTV di Link Pagebangan, Kelurahan Ketileng, Kamis (20/6).

BANTENESIA.ID, CILEGON – Sebanyak 43 Kelurahan di Kota Cilegon akan dilengkapi dengan kamera CCTV untuk memantau aktivitas setiap titik-titik kerawanan di seluruh Kelurahan se-Kota Cilegon. CCTV diberikan Awinet selaku provider penyedia jaringan internet yang bekerjasama dengan semua Kelurahan untuk penyediaan fasilitas wifi publik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Cilegon Agus Zulkarnain didampingi Kepala Bidang Aplikasi Teknologi dan Informasi Tb. Sofat hadir, meresmikan pemasangan CCTV di Jl. Panjaitan, Link Pagebangan, Kelurahan Ketileng, Kamis (20/6/2024).

Menurut Agus, pemasangan CCTV merupakan perwujudan dari program Cilegon Smart City.

Baca juga

"Sesuai harapan Pak Wali Kota Cilegon, Pak Wali meminta Diskominfo, agar titik pantau CCTV di Kota Cilegon ditambah jumlahnya. Terutama di lokasi atau titik-titik rawan kejahatan maupun titik rawan kemacetan," ujar Agus, seusai meresmikan pemasangan CCTV.

Agus menambahkan, CCTV yang dipasang adalah merupakan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dari provider Awinet selaku rekanan penyedia jaringan internet. CCTV rencananya akan pasang di seluruh Keluruhan se-Kota Cilegon.

"Setiap Kelurahan akan mendapat 2 titik kamera pemantau (CCTV),  jadi dari 43 Kelurahan berarti akan terpasang sebanyak 86 kamera," tambah Agus Zul.

Baca juga

Setelah semua CCTV terinstal kata Kadis Kominfo, akan diintegrasikan ke aplikasi Inter-C, sehingga masyarakat yang sudah mengunduh aplikasi Inter-C, bisa melihat titik pantau CCTV yang ada di Kelurahan se-Kota Cilegon.

Sementara itu, Hilman Setiaji, Lurah Kelurahan Ketileng mengatakan,  pemasangan CCTV yang dilakukan di wilayah Kelurahan Ketileng sebagai implementasi dari Cilegon Smart City, yang diberikan oleh Awinet selaku penyedia jaringan.

Dari kolaborasi antar Pemerintah Kelurahan dengan rekanan penyedia jaringan yang sudah memberikan 10 titik wifi publik, Awinet memberikan fasilitas CCTV gratis untuk tujuan, bisa terakses ke Inter-C yang terintegrasi dengan sistem Cilegon Smart City.

"Masyarakat Ketileng khususnya, dapat mengakses berbagai informasi. Kemudian, dapat memantau adanya tindakan kriminal seperti, curanmor, aksi gang motor dan sebagainya. Dengan adanya CCTV ini, diharapkan dapat meminimalisir aksi kriminal yang ada di wilayah Ketileng, terutama di lingkungan Pagebangan," ujar Lurah Ketileng.

Terkait siapa yang dapat mengakses, semua masyarakat Ketileng dengan catatan mengunduh aplikasi Inter-C lewat google playstore, kemudian masuk melalui aplikasi inter-C, dan semua warga Ketileng khususnya, dan warga Kota Cilegon pada umumnya dapat mengkases keadaan sebenarnya di lingkungan tersebut.

Ketua RW 03 Link Pagebangan Rahmatullah mengucapkan terimakasih atas terpasangnya CCTV di Lingkungannya. Dengan terpasangnya CCTV tersebut, dirinya merasa terbantu.

"Terimakasih kepada Diskominfo dan semua pihak yang berperan aktif atas terwujudnya Cilegon Smart City. Dengan adanya CCTV ini, kami merasa terbantu untuk melakukan monitoring apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," katanya.

Noval Tiawan,
Tim Provider Awinet Noval Tiawan menyampaikan, pemasangan CCTV dilakukan untuk mendukung program Cilegon Smart City. Sebagai rekanan penyedia jaringan internet, Awinet akan memberikan bantuan CCTV sebanyak 86 buah, yang nantinya terpasang di semua Kelurahan se-Kota Cilegon.

Sebenarnya kata Noval, pihaknya sudah memasang 14 CCTV di 7 Kelurahan, termasuk Ketileng. Namun, untuk Kelurahan Ketileng sudah terkoneksi ke jaringan internet. Selebihnya, pemasangan akan dilanjutkan ke seluruh Kelurahan yang ada di Cilegon.

"Sudah ada 7 Kelurahan yang terpasang CCTV yaitu Kelurahan Cibeber, Kedaleman, Kalitimbang, Karangasem, Bulakan, Cikerai dan Ketileng. Untuk Kelurahan Ketileng ini perdana, karena sudah terkoneksi ke jaringan internet," tutup Noval.


(Adv)






Lebih baru Lebih lama