Temui Forum Sedulur Inkubasi 2023, Sanuji : Pengurus Harus Tetap Berkomunikasi Baik Dengan Pemerintah

Sesi foto bersama sesuai acara temu silaturahmi bersama Wakil Wali Kota Cilegon. (bantenesia.id/Agh).

BANTENESIA.ID, CILEGON – Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta memberikan motivasi peningkatan usaha kepada peserta Forum Sedulur Inkubasi 2023 di Jl. Gagak, Perumahan Cibeber, Sabtu (11/5/2024).

Saat menemui peserta inkubasi tahun 2023 atas undangan memberikan dukungan dan motivasi Sanuji menyampaikan, menyambut baik adanya Forum Sedulur Inkubasi 2023 yang terbentuk. Dimana mereka diharapkan saling support, saling bantu serta saling dukung perkembangan usaha satu sama lain.

"Modal utama itu kekompakan. Makin bersama makin bagus, makin bersatu makin bagus. Makin bercerai berai akan semakin sulit," ujar Sanuji Pentamarta.

Sanuji Pentamarta bersama anggota DPRD terpilih dan Ketua DPD KNPI Cilegon

Langkah yang harus dilakukan Forum Sedulur Inkubasi 2023 ke depan kata Sanuji, tetap melakukan komunikasi dengan para stakeholder dan Pemerintah. Mengingat pemerintah memiliki segudang fasilitas.

"Saya berharap pengurus Forum Sedulur Inkubasi 2023 ini tetap berkomunikasi baik dengan pemerintah. Kemudian pengurusnya berkomunikasi dengan stakeholder UMKM, karena ada forum UMKM dari Perusahaan, Forum UMKM Provinsi, ada Forum UMKM yang sudah sukses jadi tetap berkomunikasi untuk menangkap peluang-peluang yang ada," ucapnya.

Selain itu, mendukung peserta lainnya memiliki perizinan lengkap serta mendapatkan pelatihan atau bimbingan berjangka panjang.

"Targetnya mereka naik kelas. Artinya pegawai nambah, bisa menghidupi orang lain. Kontribusi terbesar UMKM adalah menghidupi pegawai," terangnya.


Masih kata Sanuji, produk-produk yang dimiliki Forum Sedulur Inkubasi 2023, diharapkan dapat terakses dalam jaringan internet atau media sosial dengan mudah. Misalkan, saat pendatang membutuhkan produk unggulan Kota Cilegon, mereka dengan mudah mencarinya melalui internet.

"Sekarang eranya digital, ga penting punya toko atau tidak, ga penting punya pabrik atau tidak, basisnya adalah digital. Orang lain mengakses produk lewat internet, bagaimana produk milik kita bisa muncul disitu," terang Sanuji sambil menunjukan gadgetnya.

Adapun tantangan yang harus difahami oleh pelaku UMKM kata Sanuji, mereka harus lebih gesit. Hal terpenting lainnya bagaimana membuat gambar/foto produk masing-masing menarik di media sosial, sehingga bisa dengan mudah memancing calon pembeli.

"Pemula harus lebih gesit. Orang lain buka jam 8, dia harus buka jam 6. Orang lain tutup jam 9, dia tutup jam 11. Handphone on 24 jam," tandas Sanuji.

Selain Wakil Wali Kota Cilegon, Anggota DPRD terpilih periode 2024-2029 dari Partai PKS Muhamad Shidqi Andrezha dan Ketua DPD KNPI Idho Meilano turut hadir pada kesempatan itu.

(Agh/01)


Artikel ini telah tayang di bantenesia.id

Lebih baru Lebih lama