24 Anggota Panwascam Cilegon Dilantik, Alam Arcy Minta Jaga Integritas dan Profesionalitas

Ketua Bawaslu Kota Cilegon Alam Arcy Ashari saat membacakan naskah pelantikan untuk 24 orang Panwaslu Kecamatan. (bantenesia.id/wan).

BANTENESIA.ID, CILEGON – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cilegon melantik 24 orang anggota Panwaslu Kecamatan (Panwascam) se-Kota Cilegon untuk Pemilihan tahun 2024. Pelantikan sekaligus pembekalan dilakukan di salah satu hotel di Kota Cilegon, Jumat (24/5/2024).

Ketua Bawaslu Kota Cilegon Alam Arcy Ashari mengatakan, sebanyak 24 orang anggota Panwascam telah dilantik dan akan bekerja selama 9 bulan ke depan. Masing-masing Kecamatan akan diisi oleh 3 orang pengawas terdiri dari Ketua dan 2 orang anggota.



Alam berharap, anggota Panwaslu Kecamatan terpilih wajib bekerja extra. Mengingat mayoritas dari mereka adalah  existing. Sehingga, berbekal pengalaman, ke depan mereka harus lebih menjaga performance, integritas dan tetap menjaga profesionalitas.

"Pada pemilihan Kepala Daerah serentak nanti, mereka bejerja harus lebih extra lagi. Apapun yang jadi kewenangan dan tugas panwaslu kecamatan harus dikerjakan dengan baik dan benar," ujar Alam seusai pelantikan.

Yang perlu ditekankan pada pilkada serentak nanti sambung Alam, lebih cermat dan tegas terhadap persoalan senstif seperti halnya netralitas ASN, money politik serta hal lainnya.

"Panwaslu di 8 Kecamatan harus lebih kuat lagi pondasinya, bagaimana pengawasannya di pilkada nanti. Bicara terkait kerawanan sejauh ini masih relatif,"  tutur Alam.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang hadir pada kesempatan itu mengingatkan bahwa dalam waktu dekat seluruh daerah akan menghadapi hajat besar dalam rangka pemilihan kepala daerah serentak diantaranya Kota Cilegon.

Karena Itu kata Helldy, Panwaslu Kecamatan harus bersifat netral, memberikan yang terbaik untuk putra-putri Cilegon sebagai bakal calon Kepala Daerah dengan pengawasan yang lebih ketat serta menjunjung tinggi azas Keadilan.

"Kinerja Bawaslu dulu bagus yah. Nah artinya sekarang harus jauh lebih baik lagi kinerjanya," ucap Helldy.

Diketahui, Pemerintah Kota Cilegon telah menggelontorkan dana bantuan hibah untuk kegiatan opersional pemilukada untuk Bawaslu Kota Cilegon sebesar 11 miliar.

(Wan/02)

Lebih baru Lebih lama