Acara Riung Mungpulung Digelar, Tanda Rangkaian Hari Jadi Kota Cilegon ke-25 Dimulai

Ketua Panitia Penyelenggara Hari Jadi Kota Cilegon ke-25 sekaligus Asda III Kota Cilegon. (bantenesia.id/Agh)

BANTENESIA.ID, CILEGON – Pemerintah Kota Cilegon menggelar acara Riung Mungpulung, Sabtu (27/4/2024) sebagai tanda dimulainya rangkaian acara Hari Jadi Kota Cilegon ke-25. Tradisi Riung Mungpulung diikuti tokoh masyarakat dan tokoh agama ini sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antara masyarakat dengan pejabat pemerintah sekaligus evaluasi dalam menuangkan gagasan pembangunan ke depan.
 
Para tamu yang memenuhi acara turut menyaksikan momen sejarah bersama Wali Kota Cilegon, Wakil Wali Kota Cilegon, Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Ketua DPRD Kota Cilegon, unsur Forkopimda, pejabat lainnya serta tokoh masyarakat.

Ketua panitia acara HUT Kota Cilegon Syafrudin sekaligus Asda III mengatakan, di usia perak Kota Cilegon dibawah kepemimpinan Helldy Agustian - Sanuji Pentamarta telah banyak mengalami kemajuan. Hal itu dibuktikan dengan menurunnya angka kemiskinan, menurunnya tingkat pengangguran serta naiknya indeks pembangunan manusia di Kota Cilegon dalam kurun waktu tiga tahun belakangan ini.

"Ini merupakan capaian yang sangat luar biasa. Selama kepemimpinan Bapak Wali Kota Cilegon sampai dengan bulan Maret ini, Kota Cilegon telah meraih 72 penghargaan, dari tingkat nasional sampai dengan tingkat regional," ucap Syafrudin dalam sambutannya, Sabtu (27/4/2024) di halaman Kantor Wali Kota Cilegon.

Tema HUT Cilegon tahun ini sambung Syafrudin, disandingkan dengan agenda nasional yakni Cilegon Baru Modern dan Bermartabat Menuju Indonesia Emas 2045. Adapun agenda acara di hari kelahiran Kota Cilegon (27/4) ini, meliputi acara Riung Mungpulung dilanjutkan dengan Paripurna DPRD Cilegon dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Cilegon.

"Di hari jadi Kota Cilegon ini merupakan hari yang istimewa dimana AKKOPSI, dimana berdasarkan radiogram Menteri Dalam Negeri diminta hadir seluruh anggota AKKOPSI sebanyak 492 Kabupaten/Kota di Kota Cilegon. Dimana ini sejarah yang belum pernah ada di Kota Cilegon. Ini merupakan kado spesial untuk HUT Kota Cilegon yang ke-25," tutup Syafrudin.

Usai menghadiri acara Riung Mungpulung, seluruh pejabat yang ada termasuk Wali Kota bergeser ke gedung DPRD Kota Cilegon untuk mengikuti Paripurna DPRD tentang Hari Jadi Kota Cilegon yang ke-25 itu.

Diketahui rangkaian Cilegon Expo 2024 mulai dilangsungkan pada tanggal 3 - 7 Mei 2024 yang akan diikuti oleh OPD se-Kota Cilegon, UMKM, serta sektor industri. Pada malam puncak acara, masyarakat Cilegon akan disuguhi hiburan dan Band Nasional Legendaris yaitu Band Jamrud.

(Adv)

Lebih baru Lebih lama