Bagaimana Strategi Polda Banten Hadapi Kemacetan Arus Balik Pemudik dan Kedatangan Wisatawan

Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim (dok: Polda Banten)

BANTENESIA.ID, BANTEN – Selain akan menghadapi kedatangan para pemudik dari arah Sumatera menuju Pulau Jawa, Polda Banten juga akan mengantisipasi kemacetan akibat kedatangan wisatawan yang hendak berlibur menuju arah Anyer dan sekitarnya.

Kepolisian Daerah Banten akan menggunakan strategi rekayasa demi kelancaran arus lalulintas seperti persiapan pengamanan puncak arus balik dari Bakauheni menuju Pelabuhan Merak, dimana puncaknya diprediksi terjadi pada hari Sabtu dan Minggu ini.

Jalur Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah akan dioptimalkan, seperti halnya kendaraan pemudik yang keluar dari Pelabuhan Merak utamanya roda empat atau lebih, diarahkan melalui Jalan Cikuasa Atas, masuk ke Tol Tangerang Merak. Sedangkan sepeda motor, melalui Jalan Cikuasa Bawah melalui jalur arteri.

"Khusus untuk pengemudi sepeda motor akan dilakukan pengawalan dari Pelabuhan Merak dan diantar hingga transit pertama yaitu di Polresta Serang Kota. Kemudian, dilanjutkan ke lokasi transit kedua yaitu di Balaraja Kabupaten Tangerang, dan dilanjutkan hingga perbatasan Jakarta dan bisa menggunakan jalurnya masing-masing," ujar Irjen Pol Abdul Karim, Kapolda Banten, Jumat, (12/04/2024) kemarin.

Saat arus balik, pemudik dari Lampung bisa menggunakan Pelabuhan Panjang dan turun di Pelabuhan Ciwandan sejak 13-18 April 2024. Hanya kendaraan Golongan I, II, III, dan IVA yang bisa melewatinya.


Sementara pemudik yang turun di Pelabuhan Ciwandan, juga akan di kawal kepolisian. Karena jalur yang dilalui berpapasan dengan kendaraan wisatawan di Simpang Jalan Lingkar Selatan (JLS) Ciwandan.

"Ketika terdapat bongkaran pemudik yang di Pelabuhan Ciwandan, one way dipending terlebih dahulu dan diprioritaskan pemudik. Setelah bongkaran pemudik selesai, sistem one way akan diterapkan kembali," terangnya.

Pengamanan di jalur mudik dan objek wisata juga melibatkan personel polairud serta polres di wilayah hukum Polda Banten.

Bagi wisatawan, pemudik hingga masyarakat yang beraktivitas, diminta bersabar dan mengikuti arahan dari personel gabungan yang bertugas di lapangan. Sehingga tidak terjadi kepadatan arus lalu lintas yang bisa menyebabkan kemacetan parah.

"Kepada masyarakat yang melakukan mudik, diharapkan bisa memahami mekanisme transportasi arus baliknya dipersiapkan oleh Polda Banten," jelasnya.

(*/Agh)






Lebih baru Lebih lama