Dampak Kemacetan Bisa Timbulkan Penyakit Ispa, Ini Langkah Dinkes Cilegon

Petugas Dinas Kesehatan Kota Cilegon tampak tengah membagikan masker untuk pengguna roda dua (Diskominfo).

BANTENESIA.ID, CILEGON - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon membagikan masker untuk pengendara roda dua yang melintas Jalan Aat Rusli (JLS), Sabtu dan Minggu (13-14) kemarin. Hal itu dilakukan  sebagai upaya pencegahan timbulnya penyakit Ispa akibat kemacetan yang terjadi di wilayah Cilegon, Anyer dan sekitarnya.

Diketahui, JLS merupakan jalur wisata menuju Anyer yang kerap mengalami kemacetan, sehingga pembagian masker dilakukan untuk membantu masyarakat mengantisipasi penyakit Inspeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) akibat asap kendaraan dan debu saat terjebak kemacetan.

"Paska lebaran, banyak masyarakat yang datang ke tempat wisata dan sempat mengalami kemacetan. Situasi tersebut membuat pengendara resisten terhadap penyakit pernafasan akibat banyak asap dan debu, sehingga kami bagikan masker,” ujar Febri Naldo, Kepala Bidang Pemenuhan Upaya Kesehatan Perorangan dan Upaya Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Kota Cilegon, Senin (15/4/2024).

Dijelaskan Febri, peningkatan pelayanan posko kesehatan di JLS itu dilakukan lantaran paska Lebaran banyak digunakan masyarakat menjadi jalur wisata, salah satunya jalur wisata Anyer.

“Kami memiliki 6 posko kesehatan arus mudik dan arus balik Lebaran di kawasan menuju Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Merak. Semua posko stan by hingga 16 April besok (Hari ini-red). Hanya saja untuk posko arus balik biasanya masyarakat yang memanfaatkan fasilitas posko kesehatan sudah mulai berkurang, karena setelah turun dari kapal mereka langsung menuju daerah tujuan masing-masing,” jelasnya.  

Karena itu, Febri mengimbau masyarakat yang tengah berwisata dan atau tengah dalam perjalanan arus balik Lebaran 2024 untuk menjaga kondisi badan tetap prima dan menjaga pola makan.

“Kami mengimbau masyarakat yang berwisata atau yang tengah dalam arus balik Lebaran agar menjaga kondisi badan agar tetap fit dan bugar, istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih serta terapkan pola makan yang sehat. Jika membutuhkan pelayanan kesehatan atau ingin beristirahat, silahkan datang ke posko kesehatan terdekat,” imbaunya. 

(Dek/02)

Lebih baru Lebih lama