66 Peserta Lomba Design Tata Kota, Berasal Dari Dalam dan Luar Kota Cilegon

Gambar ilustrasi

BANTENESIA.ID, CILEGON Lomba design tata kota yang diadakan oleh Pemerintah Kota Cilegon diikuti oleh 66 peserta lomba terdiri dari peserta perorangan dan peserta tim. Pemenang lomba akan diumumkan pada hari jadi Kota Cilegon yang ke 25 mendatang.

Kepala Bidang Penelitian dan Pembangunan (Litbang) pada Bappedalitbang Kota Cilegon Rina Fatma Aulia mengatakan ada 66 peserta yang mengikuti lomba design tata kota. Peserta berasal dari dalam dan luar kota seperti Jakarta, Cilegon, Bandung, Bekasi, Tangerang, Sleman, Jateng, semarang, Medan, Balikpapan dan Makasar. Penyerahan karya lomba dilakukan sampai 25 Maret 2024 ini.


"Batas akhir penyerahan karya pada tanggal 25 Maret. Untuk penjurian tahap satu dilakukan pada tanggal 1&2 April. Sementara penjurian tahap duanya pada 19 April mendatang," ujar Rina melalui pesan pendek, Rabu (13/3/2023).


Lomba design tata wajah kota, meliputi dua wilayah utama yakni Cilegon Timur (Gerbang Tol Cilegon Timur – Perempatan Kawasan Krakatau Steel) dan Cilegon Barat (Gerbang Tol Cilegon Barat – Merak). Sayembara terbuka untuk peserta dari seluruh Indonesia.

"Kami berkolaborasi dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Banten sebagai tim juri. Penilaian mencakup berbagai aspek yang mencerminkan visi misi Kota Cilegon. Total hadiah sebesar 280 juta dari Pemerintah Kota Cilegon dan 370 juta dari sponsor," ujar Helldy saat penyampaian lomba dimulai, 16 Februari 2024 lalu di aula Setda Cilegon.

Tujuan lomba menurut Helldy, di usia perak yang ke-25 Kota Cilegon harus memiliki wajah baru yang merepresentasikan perkembangan dan inovasi.

Tri Widianto perwakilan dari IAI menambahkan sayembara itu akan memberikan banyak alternatif desaign untuk Kota Cilegon. "Dengan dibukanya sayembara ini tingkat nasional, diharapkan muncul berbagai alternatif desain yang segar untuk Kota Cilegon. Hal ini juga membuka peluang lahirnya desainer muda yang berbakat di Kota Cilegon," kata Tri Widianto dari perwakilan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Banten.

(Adv)




Lebih baru Lebih lama