Jembatan Temporary PT Lotte Diduga Penyebab Luapan Banjir, Satu Pekerja Meninggal Dunia

Ini kondisi jembatan temporary yang diduga manjadi penyebab air meluap dan banjir disekitaran area proyek PT Lotte Chemical Indonesia (Wan/bantenesia.id).

BANTENESIA.ID, CILEGON – Banjir yang terjadi pada Sabtu  (3/2) kemarin lusa memakan korban jiwa. Nurcholis, mandor PT JEL (Jurong Enginering Lestari) subkon dari PT Hein Global Utama kehilangan nyawa akibat terseret arus banjir.

Hujan yang terus mengguyur sejak Jumat malam itu, mengakibatkan luapan air cukup tinggi yang semestinya mengalir deras ke laut tanpa hambatan, akan tetapi terjadi penghambatan di jembatan temporary penghubung aktivitas proyek PT Lotte menuju area PT PCM sehingga air melimpah di sekitaran area proyek pintu tengah akses menuju pangkalan tanjung Peni setinggi sekitar 4 meter.



Toyibah, warga setempat menyebut, salah satu penyebab banjir di area tersebut adalah jembatan temporary yang terhubung ke PT PCM terlalu sempit, sehingga mengakibatkan air tidak langsung mengalir ke laut.

Toyibah bersama beberapa warga nelayan sontak meminta pihak perusahaan membongkar jembatan tersebut, ternyata meski hanya separoh terbongkar diakui air cukup deras mengalir ke laut.

"Terbukti, setelah gorong-gorong itu dibongkar, air lebih cepat surut karena tidak terhambat mengalir ke laut," ujar Toyibah, yang juga sebagai ketua UMKM setempat sekaligus calon anggota DPRD periode ini.


Toyibah menyebut pihak perusahaan teledor hingga menyebabkan satu jiwa melayang akibat terseret arus banjir. Karena itu, pihak perusahaan wajib bertanggung jawab.

Semula pada hari peristiwa terjadi, sekitar pukul 09.00 WIB, Sugeng, Manager PT JEL memerintahkan karyawan untuk pulang karena hujan lebat dan cuaca ekstrim sehingga tidak dapat melanjutkan pekerjaan.

Setengah jam kemudian, korban hendak mengambil kendaraan roda dua yang terendam banjir, namun saat ia menyeberangi jembatan temporaty tengah, kakinya menginjak kali dan terjeblos terbawa arus. Korban terseret hingga tenggelam dan ditemukan sehari kemudian dalam keadaan tidak bernyawa.

Saat dikonfirmasi terkait hal di atas, Cahyo selaku External Relation PT Lotte Chemical Indonesia tidak memberikan tanggapan. Meski begitu awak media akan terus mengkonfirmasi lebih lanjut.


(Red/Wan)

Lebih baru Lebih lama