Waspada Potensi Cuaca Ekstrim di Banten Dalam 7 Hari Ke Depan, Cilegon Diantaranya

gambar ilustrasi, (sumber okezone.com)

BANTENESIA.ID, BANTENBalai Besar Meteorologi Klimatologo dan Geofisika (BMKG) wilayah II merilis perkembangan cuaca dan iklim di wilayah Provinsi Banten sepekan ke depan dimana pada waktu tersebut muncul potensi cuaca ekstrim sehingga pemerintah dan masyarakat dihimbau agar lebih waspada.

Pemicunya adalah dinamika atmosfer yang terpantau cukup signifikan dan memicu peningkatan curah hujan di wilayah Provinsi Banten antara lain,

1. Menguatnya aktivitas Monsun Asia di serta potensi seruakan dingin sehingga dapat mwnyebabkan adanya peningkatan  massa udara basah di wilayah indonesia bagian barat dan selatan ekuator.

2. Masih aktifnya galombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah indonesia bagian tengah turut memicu pembentukan awan hujan.

3. Terbentuknya pola Belokan angin yang memanjang di wilayah laut Jawa dan Pulau Jawa sehingga menyebabkan terjadinya perlambatan kecepatan angin dan memicu peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah Banten.

Adapun potensi cuaca sepekan ke depan berdasarkan analisis potensi dinamika atmostfer diatas, sebagian wilayah yabg perlu di waspadi untuk potensi hujan Sedang-Lebat di wilayah Provinsi Banten

Periode 30-31 Januari 2024
.Sebagian besar Kab. Serang
.Kota Serang
.Kota Cilegon
.Sebagian besar Kab. Lebak
.Sebagian besar Kab. Pandeglang
.Kota Tangerang Selatan.

Periode 01-05 Februari 2024
.Kab Serang bagian utara
.Kota Cilegon
.Kab Serang bagian tengah dan selatan
.Kota Tangerang
.Kota Tangerang Selatan
.Kab Lebak bagian utara
.Kab Pandeglang bagian barat.

Karena itu, BMKG menghimbau masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrim berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat ataupun petir dan angin kencang hingga sepekan ke depan.

Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing atau rawan longsor dan banjir agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrim seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang.

Informasi prakiraan cuaca dan peringatan dini cuaca yang lebih detil potensi cuaca hujan lebat hingga level Kecamatan dapat diakses di app@BMKG, website https://bmkg2.bmkg.go.id, dan media sosial @bmkgwilayah2.

Lebih baru Lebih lama