Dampak Kimia Mengancam, LSM Gappura Banten Minta Pemkot Desak Industri Berikan Jaminan Keamanan dan Kesehatan

Ketua LSM Gappura Banten Husen Saidan saat Menemui Warga Kelurahan Gunung Sugih Ciwandan


BANTENESIA.ID, CILEGON – Bau kimia kembali menyerang  warga Pangabuan Gunung Sugih Ciwandan, Selasa (23/1 2024). Akibatnya puluhan warga kembali mengalami mual muntah dan sesak dada. Karena itu,  LSM Gappura Banten yang tergabung dalam gerakan elemen masyarakat meminta Pemerintah Kota Cilegon mendesak pihak PT Chandra Asri Pacific berikan jaminan keamanan kesehatan.

Husen Saidan, Ketua LSM Gappura Banten mengatakan, PT Chandra Asri merupakan salah satu perusahaan kimia
bertaraf internasional di Cilegon
wajib memberikan jaminan keamanan kesehatan warga masyarakat Kota Cilegon dan masyarakat terdampak lainnya. Jika tidak, hal tersebut menjadi disintegrasi akibat puncak kemarahan warga.

Pernyataan keamanan yang disampaikan tim puslabfor mabes Polri dan DLH Cilegon sudah tidak lagi menjadi jaminan. Faktanya puluhan warga Pangabuan masih merasakan dampak yang sama bahkan lebih kuat dari hari sebelumnya.

"Pemerintah wajib memberikan jaminan keamanan dan perlindungan dalam permasalahan ini. Stop aktivitas produksi PT Chandra Asri dan jangan bersiasat. Warga sudah marah," ujar Husen.

Walau PT Chandra Asri adalah Proyek Strategis Nasional Pemerintah, namun jika mengancam nyawa dan keselamatan masyarakat kata Husen, maka sudah sepatutnya pemerintah mempertimbangkan dan berpihak pada warga.

"Chandra Asri harus memberikan deposit keamanan dan kesehatan untuk masyarakat Cilegon. Dananya di titipkan pada pemerintah daerah untuk digunakan bagi warga terdampak dan dalam kondisi force majuere," ucapnya.

Mengingat, sampai saat ini bantuan dari PT Chandra Asri belum maksimal. Karena itu jaminan keamanan dan perlindungan kesehatan kesehatan wajib dilakukan pemerintah atas tanggungjawab PT Chandra Asri Pacific.

Hasil investigasi LSM Gappura, sebaran bau kimia bukan hanya di Kelurahan Gunung Sugih, tapi kelurahan lain yang terdekat juga merasakan hal yang sama.


(Agh/01)




Lebih baru Lebih lama