Tetap Fokus Di Waktu Injuri Time, Sekda Cilegon Optimis Capai Target PAD 2023

Sekda Kota Cilegon Maman Mauludin SH., MH.

BANTENESIA.ID, CILEGON – Pemerintah Kota Cilegon telah melakukan evaluasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di penghujung tahun anggaran 2023. Realisasi PAD diketahui mencapai 82 persen dari target yang direncanakan sebelumnya. Demikian disampaikan Sekda Kota Cilegon Maman Mauludin usai rapat evaluasi, Rabu (20/12/2023).

Target pendapatan sudah direncanakan pada perubahan tahun anggaran 2023 sebesar Rp2,35 triliun. Dari pos pendapatan itu ditargetkan penerimaan sebesar Rp2,03 triliun terdiri dari pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp966,2 miliar dan pendapatan transfer sebesar Rp1,07 triliun.



Menurut Maman, evaluasi yang dilakukan tadi merupakan evaluasi rutin seperti evaluasi tri wulan sebelumnya dalam rangka mengontrol realisasi capaian pendapatan.

"Ini evaluasi biasa seperti saat tri wulan I, II, III dan  sekarang mengevaluasi tri wulan ke IV dari target yang telah direncanakan sebelumnya," ujar Maman.

Dalam evalausi tadi kata Maman, ada beberapa hal yang harus dilakukan sesuai arahan Wali Kota dan dari hasil diskusi dinas teknis untuk menghadapi akhir tahun dan lain sebagainya sehingga apa yang sudah ditargetkan bisa tercapai.


Baca : Digitalisasi Pengelolaan Sampah, DLH Cilegon Dorong Kelurahan Gunakan Aplikasi Jerapah

"Pendapatan sudah mencapai 82 persen. Tapi saya kira nanti ada dana transfer dan sebagainya yang secara kumulatif itu akan mendongkrak secara umum pendapatan daerah. Insya allah dengan sisa waktu yang ada, beberapa komponen pendapatan yang masih tersisa bisa masuk ke kas daerah," terangnya.

Sementara itu Kepala BPKPAD Kota Cilegon Dana Sujaksani menambahkan bahwa pendapatan sudah mendekati capaian tahun lalu. Yang terpenting kata dia, kondisi saat ini tengah berkejaran dengan belanja, sehingga fokus pemerintah juga bagaimana menghindari terjadinya gagal bayar.


Untuk prosentase capaian pajak diketahui sudah mencapai 71 persen. Sementara capaian target retribusi sudah melebihi target atau 100 persen lebih. Diakui Dana, memang pajak BPHTP meleset dari target semula yang diperkirakan akan ada transaksi dari pihak perusahaan. Namun dengan sisa waktu yang ada akan dimanfaatkan untuk menggenjot kekurangan target.


(Wan/02)

Lebih baru Lebih lama