Ketum PWI Pusat : Kerjasama Antar Media dan Pemerintah Perlu Dibangun, Namun Tetap di Jalurnya

Ketua Umum PWI Pusat Hendry CH Bangun saat menjadi narasumber di acara Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Jurnalis bertema "Sinergi Pemerintah dan Media dalam Membangun Daerah" didampingi Sekretariat SMSI Banten sebagai moderator.

BANTENESIA.ID, ANYER – Ketua PWI Pusat Hendry CH Bangun menyampaikan media saat ini harus bekerjasama dengan pemerintah. Demikian ia sampaikan kepada awak media dalam acara Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Jurnalis bertema "Sinergi Pemerintah dan Media dalam Membangun Daerah", Senin (5/12/2023) malam.

Dalam acara yang digagas Dinas Komunikasi, Sandi dan Statistik Kota Cilegon itu Hendry menyampaikan, pentingnya kerjasama antara media dan pemerintah dibangun mengingat tidak akan munculnya sebuah keberhasilan pembangunan tanpa peran media.


Baca : Tingkatkan Kualitas Informasi Publik, Pemerintah Kota Cilegon dan Pers Harus Bersinergi 

Apalagi saat ini pemerintah daerah tengah berlomba membangun identitas dirinya termasuk membangun trust publik.

"Akan tetapi kerjasama itu tetap dalam jalurnya masing-masing." kata Hendry.

Baca juga : Menjadi Kota Informatif, Cilegon Naik Tiga Pe tingkat


Sebaliknya menurut Hendry, kerjasama antar media dan pemerintah tidak akan terjalin jika wartawan itu sendiri tidak profesional. Karena itu, wartawan jangan hanya bisa menerima tulisan (realease) namun perlu ditambahkan dengan informasi lengkap dan valid dengan data yang dimiliki sehingga pemerintah merasa terbantu.

"Tugas wartawan bagaimana bisa menerbitkan berita yang bernilai, jika perlu menjual sesuatu yang berkaitan dengan Cilegon untuk dunia." terang Hendry.

Baca : Perhatikan Guru Agama, Wali Kota Cilegon Raih Penghargaan Kementerian Agama

Sementara itu, asisten Daerah (Asda) I Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon Tatang Muftadi juga berpendapat bahwa pemerintah dan insan pers perlu terus membangun sinergitas sebagai upaya peningkatan kualitas informasi publik.

Pemerintah sambung Tatang, tidak bisa menyampaikan keberhasilan pembangunannya tanpa peran dari awak media.

“Insan pers itu ibarat jembatan atau penghubung informasi antara pemerintah dengan masyarakat. Atas dasar itu, pemerintah dan insan pers perlu terus bersinergi dengan baik,” tutupnya.


(Wan/Red)


Lebih baru Lebih lama