Dindikbud Kota Cilegon Gelar Beasiswa Full Sarjana Fair 2023, Penerima Manfaat Sampai Yaman dan Kairo

Wali Kota Cilegon didampingi Wakil Ketua I DPRD, Sekda, Kadindikbud dan Kabid Program Beasiswa Full Sarjana meresmikan Beasiswa Full Sarjana Fair 2023.

BANTENESIA.ID, CILEGON – Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan memberikan beasiswa full sarjana kepada sejumlah mahasiswa di Kota Cilegon. Beasiswa tersebut diberikan pada acara Beasiswa Full Sarjana Fair 2023 di Rumah Dinas Wali Kota Cilegon, Kamis (21/12/2023).

Dalam acara tersebut terdapat beberapa stand-stand Perguruan Tinggi yang ada di Banten. Beasiswa Full Sarjana Fair 2023 ini dihadiri sejumlah mahasiswa yang ada di Banten dan siswa dari Kota Cilegon. Sekaligus memberikan Beasiswa secara langsung kepada 5 Mahasiswa Kota Cilegon. Kelimanya yakni dari Universitas Gajahmada Jogjakarta, Institute Pertanian Bogor, Politeknik PGRI, Univeritas Bina Bangsa.


Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyampaikan, warga Kota Cilegon yang menerima Beasiswa Full Sarjana akan ditinjau. Pemkot Cilegon akan membuat program magang yang bekerjasama dengan Krakatau Steel dimana nantinya para mahasiwa itu setelah lulus bisa bekerja di perusahaan tersebut.

Ia juga meminta kepada Dindikbud Kota Cilegon agar memonitor tingkat pertama yang mendapatkan beasiswa agar silaturahmi tetap terjaga.

"Pertama adalah kita punya program pemagangan bagi yang sudah lulus. Kemarin kita juga sudah berbicara dengan Dirut PT Krakatau Steel untuk kebutuhan tenaga kerja ke depan. Bagi Universitas yang fakultas-fakuktasnya dibutuhkan oleh Krakatau Steel itu bisa direkrut secara langsung," ujar Helldy.


"Kemudian, kami berkeinginan agar supaya Dindik ini memonitor angkatan ke I, II dan ke III supaya mereka bisa menjalin seperti alumni begitu. Supaya bisa terpantau lulusan ini Kemana. Jangan hanya bisa mencetak tapi tidak bisa memantau, barangkali kita bisa bantu yang lainnya," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Heni Anita Susila menyampaikan, program tersebut merupakan program unggulan Pemerintah Kota Cilegon yang sudah diselenggarakan selama tiga tahun. Pemerintah Kota Cilegon menargetkan sebanyak 5000 Mahasiswa yang dibantu Pemerintah Kota Cilegon, di tahun ini sudah ada 3000 mahasiswa yang mendapatkan Beasiswa Full Sarjana.


Mahasiswa yang berhak mendapatkan Beasiswa Full Sarjana itu memiliki kriteria warga tidak mampu yang dibuktikan dengan SKTM dan DTKS. Kriteria berikutnya, bagi mahasiswa berprestasi yang diterima di Perguruan Tinggi bukan dari jalur mandiri melainkan dari jalur undangan.

"Program Beasiswa Full Sarjana yang menjadi program prioritas Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sudah berjalan dari tahun 2021. Diperuntukkan bagi Mahasiswa angkatan terbaru dan dua tahun sebelumnya. Kita punya target 5000 mahasiswa, tahun ini adalah tahun ke tiga dan alhamdulillah sudah 3000 mahasiswa menjadi penerima manfaat," ujarnya.

Tak hanya Perguruan Tinggi yang ada di Banten, Pemerintah Kota Cilegon juga memberikan beasiswa untuk masyarakat Kota Cilegon di Perguruan Tinggi di luar Banten seperti Universitas Gajahmada Jogjakarta, Institute Pertanian Bogor hingga Perguruan Tinggi di luar negeri Nyaman dan Kairo. (Adv).


Lebih baru Lebih lama