Helldy Ajak Masyarakat Lestarikan Kebudayaan Kota Cilegon

Helldy Ajak Masyarakat Lestarikan Kebudayaan Kota Cilegon

Pagelaran panggung promosi. (Dok/Diskominfo).

BANTENESIA.ID, CILEGON – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon menggelar Panggung Promosi dan Penguatan Lagu Daerah Kota Cilegon, di halaman Rumah Dinas Wali Kota Cilegon, Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Jumat, (3/11/2023).

Dalam sambutannya, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menuturkan bahwa Kota Cilegon haruslah memelihara kekayaan budaya yang dimiliki. Menurutnya, Cilegon sudah dikenal sebagai tempat yang kaya akan sejarah dan budayanya sehingga generasi saat ini harus menjaga dan mempertahankannya.

"Tentunya kami pemerintah daerah juga berupaya untuk memelihara, bahkan mempromosikan keindahan warisan budaya ini kepada anak cucu kami,” kata Helldy, sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon.

Helldy juga mengajak seluruh elemen, terutama guru kesenian dan seniman musik di Kota Cilegon untuk dapat menyatukan langkah dan energi kreatif untuk melestarikan kebudayaan. “Salah satunya dengan menciptakan karya-karya lagu dan musik yang menggambarkan keberagaman dan keindahan Kota Cilegon,” sambungnya.

Helldy juga menegaskan bahwa kebudayaan yang dimiliki Kota Cilegon adalah warisan berharga sehingga berpartisipasi masyarakat diperlukan untuk menjaga dan menghidupkan kebudayaan Kota Cilegon. “Saya berharap semoga melalui pertemuan ini dapat melahirkan pencipta dan karya lagu baru dalam mewujudkan masyarakat yang berperadaban," harapnya.

Sementara itu Kepala Dindikbud Kota Cilegon Heni Anita Susila menyampaikan digelarnya kegiatan ini merupakan upaya pelestarian kebudayaan. “Hari ini kami gelar acara promosi dan penguatan lagu daerah Kota Cilegon dalam upaya kami melestarikan kebudayaan yang sudah ada terutama pada lagu-lagu daerah,” ungkapnya.

Dikatakan Heni, dengan melestarikan lagu-lagu daerah Kota Cilegon, selain untuk melestarikan musik, juga melestarikan bahasa babasan melalui lirik-lirik pada lagunya. "Siapa lagi yang mau melestarikan bahasa dan budaya asli Cilegon kalau bukan wong Cilegon," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Pemkot Cilegon memberikan penghargaan kepada tujuh orang seniman atas penciptaan lagu daerah Kota Ciegon. Antara lain Heni Anita Susila, Munawaroh, Dudi Adam, Dinar, Arif Rahman, Siti Futirot dan Ani Rusdiyana. (*)







Lebih baru Lebih lama