Patut di Contoh, Mahasiswa KKM 24 Uniba Bersih - Bersih Sampah di Desa Kelapian

Mahasiswa Uniba Kelompok 24 Gelar Kegiatan Bersih-Bersih

Ini aksi kelompok mahasiswa yang tengah melaksanakan kegiatan bersih-bersih sampah di Kecamatan Pontang 

SERANG –  Mahasiswa KKM Kelompok 24 Universitas Bina Bangsa (Uniba) kembali melakukan kegiatan bersih-bersih di Desa Kelapian, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, Jum'at (25/8/2023).

Kegiatan itu dilaksanakan untuk kedua kalinya dengan tujuan membersihkan sampah di area-area krusial yang diinisiasi mahasiswa.

Ketua KKM Kelompok 24 Uniba, Rama Nugraha mengatakan kali ini gotong royong berfokus dilingkungan RW 03 RT 05. Mahasiswa berkolaborasi bersama warga guna menjaga dan memperindah lingkungan sekitar. 

Dikatakan Rama, dua titik utama menjadi perhatian dalam kegiatan kali ini. "Pertama, adalah dermaga yang terletak di RT 05. Dermaga ini merupakan tempat penting bagi kehidupan masyarakat desa, terutama para nelayan. Namun, akumulasi sampah telah mengganggu suasana dan potensi dermaga tersebut," ujarnya.

"Melalui kerja keras dan kolaborasi, tim gotong royong berupaya membersihkan dan mengembalikan dermaga sebagai tempat yang bersih dan aman," tambahnya.

Kemudian kata Rama, titik kedua yang menjadi fokus gotong-royong kali ini adalah di perbatasan antara Kampung Kemuncangan dan Keleben. 

"Kawasan ini strategis sebagai jalur utama bagi warga yang beraktivitas. Dengan adanya akses transportasi yang padat, sering kali timbul akumulasi sampah yang mengganggu pemandangan dan kenyamanan. Dengan semangat gotong-royong, kami mahasiswa dan warga bersama-sama bergerak membersihkan area tersebut, menciptakan lingkungan yang lebih segar dan menarik," tuturnya.

Dalam kegiatan ini, tidak hanya sampah yang dibersihkan, tetapi juga kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan lingkungan. Mahasiswa Universitas Bina Bangsa mengambil peran sebagai agen perubahan dengan mengajak masyarakat berpartisipasi aktif. Kehadiran mahasiswa dalam kegiatan ini memiliki nilai lebih dalam mendorong kesadaran kolektif akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan desa.

"Dengan kegiatan gotong royong ini, diharapkan kebersihan dan keindahan Desa Kelapian akan terus terjaga dan ditingkatkan. Semangat ini menjadi contoh inspiratif bagi masyarakat desa lainnya untuk bergandengan tangan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Perubahan kecil yang dihasilkan dari upaya bersama ini akan memberikan dampak besar bagi kualitas hidup masyarakat serta membangun budaya peduli lingkungan yang berkelanjutan," tutupnya. (*)

Lebih baru Lebih lama