Malam Anugerah dan Peluncuran Buku, Ketum SMSI : Ada Konglomerasi Pers Secara Nasional

ekspedisi Geopark Kaldera Toba

Ketua Umum SMSI saat memberikan sambutan Malam Anugerah dan Peluncuran buku "Ekspedisi Geopark Kaldera Toba 2023".

BANTENESIA.ID, JAKARTA — Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) menggelar Malam Anugerah dan Peluncuran Buku SMSI "Ekspedisi Geopark Kaldera Toba 2023" bertempat di Hall Gedung Dewan Pers. Jum'at (11/8/2023) malam.

Tampak hadir perwakilan pengurus SMSI dari berbagai daerah, Wakil Ketua Dewan Pers, Muhamad Agung Dharmajaya, Tokoh Pers Nasional Eros Djarot, Ketua Umum SMSI Firdaus beserta jajaran Dewan Pembina, Dewan Pakar dan Sekjen SMSI, Menteri Kominfo yang diwakili Staff Ahli, Anggota DPR RI Dapil Provinsi Jambi Sutan Adil Hendra, Perwakilan Google Indonesia, Pj Gubernur Banten, Gubernur Sumatera Utara, Bupati Tapanuli Utara, konstituen Dewan Pers serta tamu undangan lainnya.

Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Firdaus dalam sambutannya mengatakan dalam malam anugerah SMSI 2023 ini merupakan program rutin SMSI untuk memberikan penghargaan dalam bentuk Anugerah Sahabat Pers Indonesia, Pelopor Pers Merdeka dan pemberian Penghargaan PIN Emas.

Anugerah itu merupakan buah ungkapan penghargaan SMSI kepada tokoh atau pihak yang berjasa dan berpengaruh dalam dunia pers. "Malam ini sangat istimewa bagi kami, karena malam ini juga ada peluncuran Buku SMSI berjudul Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, dan nanti setiap tahun akan kita selenggarakan di tempat objek wisata lainnya," katanya.

Kemudian, Firdaus juga menyinggung adanya dugaan konglomerasi pers secara nasional yang berdampak terhadap media-media kecil di berbagai daerah yang akan sulit berkembang. Namun dengan perjuangan dan istiqomah akan dijadikan sebagai tantangan untuk terus eksis di dunia pers.

"Saat terbentuk dan saya terpilih menjadi ketua SMSI, tidak lama datang pandemi yang berdampak tidak hanya di daerah melainkan nasional dan dunia. Kami SMSI dengan 2000 Anggota tetap bertahan dan terus berjuang. Ironisnya, ketika media-media kecil yang seharusnya mendapatkan perhatian justru terjadi konglomerasi pers," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pers, Muhamad Agung Dharmajaya dalam sambutannya memaparkan peranan dewan pers dalam mengawasi media di seluruh Indonesia. Ia juga berharap kepada wartawan untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam dunia pers yang makin kompetitif.

"Saling menjaga tanggung jawab dan profesional. Yang sudah baik mari kita teruskan, yang belum baik ayo kita perbaiki, kalau teman-teman hidup, kita juga hidup. Tapi kalau teman-teman stres dan sakit, kita pusing juga," ujar Agung.

Dewan Pers  juga memberikan apresiasi terhadap program SMSI yang menurutnya sangat menginspirasi bagi semua pihak.

"Mudah-mudahan dengan acara yang digelar di Aula Dewan Pers ini temen-temen juga bisa merasa memiliki, ini gedung kita bersama. Dewan Pers sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh SMSI, ada penghargaan ada peluncuran buku, rasanya ini sangat menginspirasi kita semua," tutupnya.


(Agh/01)
Lebih baru Lebih lama