Warga D'Mutiara Residence Pagelaran Tolak Pembangunan SUTT Lintasi Perumahan

Ekspresi penolakan rencana pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi di komplek D'Mutiara Residence Pagelaran Pandeglang (Foto: kiriman warga).

BANTENESIA.ID, PANDEGLANG – Warga Komplek Perumahan D'Mutiara Residence, Desa Sindanglaya Kecamatan Pagelaran, bersepakat menolak rencana pembangunan tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) jika melintasi komplek perumahan yang mereka tempati.

Menurut keterangan warga setempat Merdian Cahya Utama, rencana pembangunan jalur SUTT itu tidak tersosialisasikan terlebih dahulu kepada warga. Sehingga warga merasa kaget saat ada musyawarah di Kantor Desa beberap hari lalu, membahas terkait kompensasi pembangunan SUTT tersebut.

Baca juga : Pembangunan Pabrik Porang Diduga Jadi Ajang Bancakan Oknum, P4 Geruduk DKUMKMPP Pandelang 

"Kami warga jelas menolak karena tiba-tiba membahas soal kompensasi tanpa ada musyawarah dan sosialisasi terlebih dahulu."katanya kepada Bantenesia.id.

Baca juga : Pabrik Pengolah Umbi Porang di Panimbang Menyimpan Segudang Masalah, Benarkah?

Karena itu minta dia meminta pihak PLN menimbang ulang rencana pembangunan itu dan mencari jalur lain yang lebih jauh dari permukiman warga. "Kami merasa ini tanpa pemberitahuan apalagi persetujuan, kami merasa tidak dianggap padahal kami yang merasa akan dikorbankan." ucapnya, Jumat (23/6/2023).

Baca juga : TPP dan Gaji ke-13 Tak Kunjung Cair, Perwakilan PGRI Minta Kejelasan BPKD

Elif Iiani warga setempat lainnya mengaku cemas mengenai rencana pembangunan perlintasan sutet yang akan melintasi perumahan D'Mutiara Residence. Terlebih dari segi kesehatan yang dianggap bisa  mengancam warga dimana warga sekitar memiliki harapan besar terhadap anak-anak mereka sebagai generasi penerus bangsa.

"Perumahan ini dihuni oleh 145 keluarga dan bukan jalur persawahan. Maka tolong hormati dan hargai kami sebagai warga negara yang memiliki hak hidup yang layak, sehat aman dan damai tanpa rasa kecemasan. Timbang kembali rencana itu." tutupnya.

Kecemasan warga diharapkan mendapat respon cepat dari pihak-pihak terkait. Dan awak Bantenesia.id akan mengkonfirmasi lebih lanjut terkait rencana pembangunan SUTT tersebut.

(Agh/01).















Lebih baru Lebih lama