Rizki Aulia Sebut Peran Komunitas Berdampak Pada Ketercapaian Keinginan Masyarakat

Rizki Aulia Rahman Natakusumah Anggota Komisi I DPR RI

BANTENESIA.ID, NASIONAL – Anggota Komisi I DPR RI, Rizki Aulia Rahman Natakusumah mengatakan jika peran komunitas dalam perubahan peradaban serta pembangunan di Indonesia sangat penting, sebagai wadah atau alat dalam mencapai tujuannya.  Karena menurutnya, dari beberapa catatan sejarah peran komunitas dalam perubahan peradaban dunia sangat penting yang bisa membangkitkan semangat antar sesama demi cita-cita bersama.

Masyarakat saat ini harus berkolaborasi melalui komunitas,  karena dengan komunitas akan lebih efektif dan efisien, baik komunitas sosial, dan komunitas politik. Karena, masyarakat itu membutuhkan kolaborasi yang efektif dalam komunitas, dengan membangun komunitas yang efektif akan berdampak pada ketercapaian keinginan keinginan masyarakat," ungkap Rizki Aulia Rahman Natakusumah saat acara ngobrol bareng legislator yang diinisiasi oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI), pada Kamis (01/06/2023) lalu.

Baca juga : Rizki Natakusumah Berbaur Dengan Jawara se-Banten, Ada apa?

Selain bisa memudahkan dalam mencapai tujuan, Rizki menambahkan, jika dengan komunitas penyampaian aspirasi serta ketidaksetujuan atau keberatan atas kebijakan pemerintah pusat dan daerah bisa disampaikan secara kolektif dan dengan cara-cara yang baik dan elegan akan dipastikan mendapatkan respon yang baik.

Baca juga : Rizki Natakusumah Ajak Generasi Muda Pandai dan Berhati-hati dalam Bermedsos 

Meski begitu, masyarakat juga perlu memperhatikan arah serta tujuan dari komunitas. Karena, dikhawatirkan visi serta tujuan komunitas bisa berdampak negatif, terlebih diera digital saat ini.

"Karena manfaat era digital itu adalah mempermudah kehidupan dan aktivitas kita sehari hari, kemudian biayanya murah, nyaman dan efektif sehingga digitalisasi komunitas sosial, politik dan bisnis itu perlu didorong dan dikembangkan sehingga bermanfaat bagi kehidupan manusia meskipun era digital itu memberikan dampak dampak buruk ketika kita tidak bijak menggunakannya seperti pornografi,berita dan tindakan yang hoax dan lain sebagainya,"jelasnya.

Sementara itu, Pengamat Politik Said Ariyan mengatakan, membangun jaringan komunitas sosial, politik dan bisnis di era digital ini, mempunyai tantangan tersendiri. Karena masyarakat harus mampu berakselerasi atau bersahabat dengan dunia digital. 

Era digital itu menjadi sebuah kepastian yang tidak bisa dihindarkan, dunia digital itu seperti media media sosial, komputer dan media sosial ini adalah instrumen penting untuk membangun komunitas yang berbasis digital jadi masyarakat dipacu untuk mampu dengan secara bijak untuk mengenal dan menguasai dunia digital,"ungkapnya.


(G'tot/03)

Lebih baru Lebih lama