LSM-BMPP Desak Management PT Lotte Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal

Deni Juweni, Ketum LSM- Banten Monitoring Perindustrian dan Perdagangan (BMPP).

BANTENESIA.ID, CILEGON – Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat  Banten Monitoring Perindustrian dan Perdagangan (LSM - BMPP) Deni Juweni angkat bicara terkait persoalan rekrutmen tenaga kerja lokal di PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) yang berlokasi di wilayah Kelurahan Rawa Arum, kecamatan Grogol kota Cilegon.

Menurutnya, keberadaan pabrik kimia PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan kontruksi, dirasa tidak mampu menyerap dan membuka lapangan kerja. Bahkan disinyalir banyak tenaga kerja dari luar kota yang justru mendapatkan peluang pekerjaan tersebut, itupun dengan upah dibawah  standar.

"Tentu kami prihatin dengan adanya proyek bernilai puluhan triliunan yang semestinya dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Akan tetapi dilapangan justru di dominasi pekerja dari luar. Untuk itu kami mendesak management PT Lotte untuk lebih memprioritaskan masyarakat lokal terlebih dahulu." katanya, Jumat (26/5/2023).

Proyek sebesar PT LCI lanjut Deni, seharusnya mampu menekan angka pengangguran karena dapat menyerap tenaga kerja. Namun pada kenyataannya, pengusaha lokal dan masyakarat hanya menjadi penonton. Oleh sebab itu, LSM BMPP mendesak management PT Lotte untuk serius memperhatikan masyarakat lokal dalam hal peluang usaha.

"Jika tidak ada respon dari pihak PT Lotte, maka kami beserta masyarakat akan mengadakan aksi demo besar-besaran karena persoalan ini adalah hak kami sebagai warga lokal." tegas Juweni.

Sejauh ini, proyek pembangunan PT LCI kerap menuai kontra versi, hal itu dibuktikan dengan banyaknya aksi demo dari warga sekitar, pemanggilan management PT Lotte oleh lintas komisi DPRD Cilegon terkait isu minimnya peluang usaha dan lapangan pekerjaan. Kemudian juga mencuat persoalan pembayaran upah murah sehingga Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Banten akan melakukan pemanggilan terkait hal tersebut. 


(Wan/02)




Lebih baru Lebih lama