Bupati Cantik Ini Bersama Pandawara Adakan Aksi Pungut Sampah di Pesisir Pantai Teluk labuan

Ini aksi pungut sampah yang dilakukan Bupati cantik Kabupaten Pandeglang di Pantai Teluk Labuan.

BANTENESIA.ID, PANDEGLANG – Irna Narulita, wanita berparas cantik sekaligus orang nomor satu di Kabupeten Pandeglang itu bersama jajaran tengah melakukan aksi bersih-bersih sampah di pesisir Pantai Teluk, Kecamatan Labuan, Senin (22/5/2023) kemarin. Selain Bupati, Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah juga tampak terlihat dalam aksi tersebut.

Irna Narulita mengatakan aksi bersih-bersih sampah di pesisir pantai teluk ini  merupakan kolaborasi antara pemerintah daerah dan pemerhati lingkungan khususnya Pandawara Group serta warga dimana aksi itu sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

"Sampah yang menumpuk di pesisir pantai teluk ini bukan semata-mata dari masyarakat yang kurang peduli. Akan tetapi sampah-sampah ini merupakan sampah laut kiriman dari daerah lain." ujar Irna.

Baca Juga : Pabrik Pengolah Umbi Porang di Panimbang Diduga Menyimpan Segudang Masalah, Benarkah?

Untuk mengatasi permasalahan sampah itu tegas Irna, harus dilakukan normalisasi oleh Pemerintah, baik Pemprov maupun Pemerintah Pusat. Ihwal persoalan sampah di pesisir teluk itu akan Irna sampaikan terlebih dahulu.

“Sosialisasi dan edukasi terkait kebersihan terus kami lakukan, hanya memang harus ada kesadaran dari masyarakat itu sendiri,“terangnya.

Irna mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan perilaku hidup sehat serta menjaga kebersihan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena hal tersebut berdampak pada pencemaran lingkungan yang bisa menimbulkan bencana.

Perwakilan dari Pandawara Group Ikhsan mengatakan pantai teluk menjadi pantai dengan jumlah sampah paling banyak yang pernah mereka bersihkan saat ini, "Dari aksi bersih-bersih ini kurang lebih sekitar 1.200 karung sampah yang terkumpul, "katanya.

Adapun solusi untuk mengatasi permasalahan sampah itu kata Ikhsan, adalah sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Dia berharap masyarakat semakin sadar agar tidak membuang sampah sembarangan dan membiasakan pola hidup sehat. Sarana dan prasarana juga harus dipenuhi seperti tempat pembuangan sampah, dengan begitu warga akan lebih tertib untuk membuang sampah.

Sementara itu Plt. Kepala UPTD PJJ Kabupaten Pandeglang pada Dinas PUPR Provinsi Banten Iyan Ardiansyah Achmad mengatakan dalam aksi bersih-bersih sampah di pesisir pantai teluk ini Pemprov Banten telah menyiapkan alat berat dan dua dump truk untuk mempermudah evakuasi sampah, "tuturnya.

Ia berharap permasalahan sampah di pesisir teluk segera bisa ditanggulangi secepatnya, dan Pemprov Banten siap membantu untuk penangananya.


(G'tot/03)

Lebih baru Lebih lama