Booth UMKM di Cilegon Fest 2023 Tempat Paling Diburu Pengunjung

Begini suasana di Booth UMKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Kota Cilegon.

BANTENESIA.ID, CILEGON – Diantara booth yang ada di Cilegon Fest 2023, booth UMKM adalah tempat paling banyak didatangi pengunjung. Cilegon Fest 2023 yang digelar di alun-alun itu mampu menggerakkan roda perekonomian lokal paska melandainya roda ekonomi akibat pandemi covid lalu.

Dihari pertama, hampir semua pelaku usaha mikro di stand tersebut aktif melayani pembeli dari anak-anak hingga orang dewasa. Tersedia banyak jajanan dari mulai kuliner nasi kebuli rabeg, nasi krapcak,  Frozen food, kue kering dan banyak aneka jajan lainnya.

Booth tempat stand UKM yang disiapkan secara gratis oleh Dinas Koperasi.


Stand gratis yang disiapkan oleh Dinas Koperasi dan UKM itu tentu memunculkan gairah usaha bagi pelaku UKM untuk memasarkan produknya.

Berdasarkan penelusuran awak media, ada perputaran perekonomian yang cukup besar di sana. Dari satu stand saja, ada yang mencapai omset 5 juta rupiah perhari. Namun pendapatan tersebut memang bervariasi satu sama lain.

Pengembang Kewirausahaan Ahli Muda pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Cilegon Teti Hartati mengatakan, pelaku usaha mikro binaan Dinas Koperasi menjadi kelompok yang memiliki peran penting untuk mendukung jalannya acara Cilegon Fest 2023. Hal tersebut untuk tujuan pemberdayaan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan bagi warga Kota Cilegon khususnya pelaku UKM.

"Memang Pak Wali Kota dan Pak Wakil Wali Kota mensupport pelaku UKM di sana, Kami dari Dinas Koperasi terus membina dan memberikan dukungan, baik melalui pameran maupun pelatihan agar produk pelaku UKM kita tembus ke pasar nasional." katanya, Senin (8/5/2023).

Namun untuk melihat perputaran uang pada Cilegon Fest 2023 khususnya di Booth UMKM kata Teti, belum terdata keseluruhan. Sehingga dirinya perlu mendata terlebih dahulu dan memastikan perputaran ekomoni sampai akhir acara Cilegon Fest 2023 nanti.

Lebih lanjut Teti menegaskan, Pemerintah Kota Cilegon saat ini begitu memperhatikan dan mensupport berbagai program untuk kepentingan pengembangan dan pemberdayaan UKM. Selain pelatihan, pemberian dukungan izin produksi, sertifikat halal dan lainya, Dinas Koperasi juga mensupport dukungan modal.

Karena itu kata dia, para pelaku UKM dibawah binaan Dinas Koperasi harus betul-betul memanfaatkan semua fasilitas yang sediakan Dinas Koperasi. Dikarenakan masih banyak warga masyarakat Kota Cilegon yang menanti giliran tersebut.

Sementara itu Kepala Bidang UMKM pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Cilegon Eli Amaliyah menyebut, roda perekonomian yang timbul akibat dari berbagai kegiatan fasilitasi Pemerintah Kota diharapkan terus meningkat seiring waktu. Pandemi covid-19 memang membuat roda perekonomian melandai. Moment Cilegon Fest 2023 yang digelar selama tiga hari itu diharapakan menjadi penggerak perekonomian di segala sektor.

"Tentu kami bersyukur, antusiasme pengunjung pada acara Cilegon Fest 2023 diluar dugaan. Dan tentunya, Pak Wali Kota dan Pak Wakil Wali Kota mengharapkan di moment Cilegon Fest sebagai rangkaian HUT Kota Cilegon ini, menjadi pintu gerbang perekonomian masyarakat Kota Cilegon." ujarnya.

Sehingga sambung Eli, pergerakan ekonomi terus membaik dan terwujud kesejahteraan secara merata sebagaimana harapan Pemerintah Kota dan masyarakat cilegon.


(Agh/01)









Lebih baru Lebih lama