Seba 2023, Ribuan Warga Baduy Sampai di Gedung Juang

Ribuan warga Baduy tampak sedang berjalan kaki menuju Gedung Juang 1945 Kota Serang untuk melaksanakan ritual Seba.

BANTENESIA.ID, SERANG – Ritual Seba oleh ribuan masyarakat baduy akan digelar di Gedung Pemerintahan Provinsi Banten. Usai perjalananya sejauh 60 Kilometer, kedatangan mereka disambut langsung oleh Gubernur Banten Al Muktabar, Sabtu (29/4).

Ritual Seba Baduy merupakan tradisi warga Baduy yang dilaksanakan dalam rangka menyampaikan rasa syukur atas hasil panen yang berlimpah dalam kurun waktu satu tahun. Ritual tersebut rutin dilakukan setiap tahunnya.

Jum'at Kemarin, warga Baduy sudah melaksanakan ritual Seba kepada Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Kota Serang. Sekitar pukul 09.30 WIB mereka transit dan beristirahat di halaman Gedung Juang 1945 Kota Serang. Dari Gedung Juang, masyarakat suku baduy luar dan dalam kembali melanjutkan perjalannya menuju Gedung Negera Provinsi Banten.

Dalam perjalananya didamping langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lebak Imam Rismahayadi untuk melakukan seserahan seba Baduy kepada Gubernur Banten yang mereka sebut Abah Gede.

Al Muktabar Selaku Abah Gede, menyambut kedatangan mereka dan mengucapkan selamat datang kepada seluruh masyarakat Baduy yang hadir. "Selama datang kami ucapakan kepada dulur-dulur warga Baduy yang telah hadir di tengah-tengah kita," katanya.

Al Muktabar mengatakan, telah menyiapkan berbagai hal untuk menyambut kedatangan warga baduy di Gedung Negera ini. Dan berharap dengan langkah ini dapat kembali membangun Banten yang lebih baik.

"Dengan diadakannya ritual Seba Baduy sebagai tradisi ini menjadi langka dan lebih baik kedepannya dalam membangun Banten," pungkasnya.


(Agh/02).

Lebih baru Lebih lama