JLS Jadi Jalur Arus Mudik, Perbaikan Mulai Dikebut

Helldy Agustian bersama jajaran eselon II memberikan semangat kebersamaan perbaikan JLS yang akan digunakan untuk jalur Mudik menuju Pelabuhan Ciwandan.

BANTENESIA.ID, CILEGON – Perbaikan Jalan Lingkar Selatan (JLS) terus dikebut, saat ini pekerja mulai menambal bagian jalan yang berlubang agar pada H-10 lebaran nanti jalan tersebut sudah dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat dengan nyaman.

Wali Kota Cilegon Helldy  Agustian meninjau langsung perbaikan jalan tersebut pada Sabtu (1/4) ditemani Asda dan jajaran Eselon II sekaligus kordinator Forum Industri Peduli Jalan Lingkar Selatan.

Helldy memastikan sebanyak empat jembatan sudah selesai diperbaiki dan empat jembatan lainnya dalam proses pengaspalan. "Ini ditargetkan maksimal H-10 Lebaran semuanya sudah tertambal," ujarnya. 

Baca juga : Mudik Tahun Ini, ASDP Pelabuhan Merak Tak Layani Penumpang Yang Pakai Motor

Salah satu yang memudahkan pekerjaan tersebut adanya material yang diberikan forum industri peduli jls sekaligus pendanaannya. Karena itu dia mengapresiasi partisipasi Forum Industri Peduli Jalan Lingkar Selatan. "Saya ucapkan apresiasi kepada Forum Peduli JLS, terutama PT Krakatau Posco yang sudah memberikan 200 ton slag yang langsung merekat tinggal digiling lagi dan diaspal. Insya Allah nantinya ada lebih dari 500 ton yang akan diberikan oleh PT Krakatau Posco," katanya. 

Dikatakan Helldy, percepatan perbaikan Jalan Lingkar Selatan itu merupakan instruksi Kementerian Perhubungan, seiring akan diaktifkannya Pelindo Ciwandan menjadi pelabuhan penyeberangan khusus pemudik. "Kami berupaya maksimal melakukan perbaikan demi peningkatkan kenyamanan akses menuju Pelabuhan Pelindo," jelasnya. 

Untuk perbaikan JLS, Helldy menegaskan, pihaknya berupaya tidak menggunakan dana APBD Kota Cilegon. Pihaknya masih mengharapkan partisipasi dan kerjasama Forum Industri Peduli JLS. "Insya Allah setelah Lebaran juga kan JLS ini akan benar-benar diperbaiki dengan menggunakan anggaran APBN. Mudah-mudahan semua berjalan lancar," harapnya.

Untuk mengejar target H-10 Lebaran, Ketua Forum Industri Peduli JLS Malim Hander Joni mengaku siap mempercepat perbaikan agar target H-10 Lebaran bisa tercapai. "Kami tidak menunggu semua industri partisipasi baru bergerak. Kami kerjakan sedini mungkin agar target tercapai," ucapnya. 

Hingga kini, kata Joni, baru ada tiga industri yang sudah memberikan partisipasinya. Pihaknya mengimbau bagi industri yang belum memberikan sumbangsihnya untuk segera memberikan baik dalam bentuk material maupun dana. "Saya juga sudah bersurat kepada industri galian C untuk turut memberikan sumbangsihnya kepada JLS ini," ujarnya. 

Joni menargetkan dana yang terkumpul bisa mencapai Rp2,5 miliar supaya penambalan jalan rusak di JLS mencukupi. "Ini soal waktu saja. Saya pastikan yang lain juga segera memberikan sumbangsihnya karena semua sudah berkomitmen untuk sama-sama kita berpartisipasi," pungkasnya.(*)

Lebih baru Lebih lama