Hadapi Arus Mudik, Pelindo 2 Siapkan Dermaga Berkapasitas 800 Motor dan 100 Truk


BANTENESIA.ID, CILEGON – Pemerintah bersama instansi terkait bersama-sama menyiapkan sarana dan prasarana untuk memperlancar arus mudik pada lebaran ini. Pemerintah Kota Cilegon berjibaku menyelesaikan perbaikan jalan lingkar selatan agar dapat dilalui pemudik dengan nyaman.

Sementara, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 2 Banten menyiapkan 3 dermaga untuk menampung kendaraan bermotor dengan kapasitas 800 unit sepeda motor dan 100 truk logistik.

"3 dermaga sudah disiapkan. Dermaga 5A untuk truk logistik, Dermaga 3 dan Dermaga 7 untuk sepeda motor," kata Manager Komersial PT Pelindo Regional 2 Banten, Irtanto, kemarin.

Baca juga : Pemkot Cilegon Larang Truk Odol Melintas JLS Mulai H-7 Lebaran 

Saat ini lanjut Irtanto, pihaknya  masih menunggu jadwal kapal yang akan sandar di dermaga milik PT Pelindo Regional 2 Banten. Karena penjadwalan kapal yang berlayar merupakan kewenangan dari Balai Pengelola Transportasi Darat  (BPTD) Wilayah VIII Banten dan PT ASDP Indonesia Ferry.

Baca juga : JLS Jadi Jalur Mudik, Perbaikan Mulai Dikebut 

Direncanakan, pada H-7 Lebaran, 3 dermaga di Pelabuhan Ciwandan sudah bisa digunakan untuk arus mudik Lebaran 2023. Diprediksi, puncak arus mudik akan terjadi pada 18 April malam ataupun 19 April 2023 pagi hari, sebab 19 April sudah mulai masuk masa cuti lebaran. 

Sementara itu, PT ASDP Indonesia Ferry sudah mulai menyiapkan mesin taping tiket dan pemasangan barier di area Pelabuhan Ciwandan. Terakait posko Lebaran, pihaknya sudah bekerjasama dengan ASDP, BPTD, Pemkot Cilegon, maupun kepolisian. Sehingga nantinya Ada 4 unit posko yang disiapkan di dalam area pelabuhan.

Pada H-7, Dermaga sudah dapat  dipergunakan untuk arus mudik dan sudah tidak melayani bongkar muat barang. Sementara, 4 dermaga lainnya masih bisa melakukan bongkar muat barang karena lokasinya tidak berdekatan dengan dermaga yang digunakan untuk arus mudik Lebaran 2023.

Kepala BPTD Wilayah VIII Banten Handjar Dwi Antoro mengungkapkan, 11 Kapal Motor Penumpang (KMP) dan 3 Kapal Laut sudah disiapkan untuk beroperasi di Pelindo Regional 2 Banten. Pihak Pelindo tidak akan memungut retribusi sandar bagi kapal angkut pemudik lebaran.

Adapun 11 Kapal Motor Penumpang tersebut adalah, KMP Kumala, KMP Trimas Fadhila, KMP Panorama Nusantara, KMP Titian Nusantara, KMP Athaya, KMP Raja Rakata, KMP Amadea, KMP Rishel, KMP Wira Artha, KMP Royce, KMP ALS Elvina. Sementara 3 kapal laut, KM Dobonsolo, KM Mutiara Sentosa 2, KM Ferindo 4.


(Wan/02).


Lebih baru Lebih lama