Di HUT Kota Cilegon Yang ke-24, Dindikbud Launching Aplikasi Educare Inklusi

Moment launching aplikasi Educare Inklusi di hari jadi Kota Cilegon saat acara Riung Mungpulung.

BANTENESIA.ID, CILEGON – Educare Inklusi merupakan Aplikasi yang disediakan untuk sekolah inklusi di Kota Cilegon yang dapat diakses melalui sistem Android dan Website yakni 'www.educareinklusi.com'.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon, Heni Anita Susila mengatakan, Saat ini Era Digital telah dimulai dan inovasi kini akan kita mulai bertepatan dengan HUT Kota Cilegon yang ke-24, dan ini kita mulai di Launching.

"Aplikasi ini merupakan sistem terpadu dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon, saatnya semua dalam satu sentuhan, semua dipermudah, dan dapat diakses dimana saja" Jelas Heni Anita Susila, Kamis (27/4/2023).

Diketahui Sebelumnya Heni Anita Susila telah mengikuti Pelatihan Nasional tingkat II di Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia.

"Educare Inklusi ini merupakan model pendekatan penyelenggara pendidikan inklusif bagi anak - anak berkebutuhan khusus di Kota Cilegon " Jelasnya.

Menepatkan peran serta Pemerintah, Dinas Pendidikan, dan orang tua siswa sebagai pihak yang memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan inklusif yang ramah bagi semua individu.

"Jadi aplikasi ini menyediakan Fitur - fitur yang bermanfaat untuk sekolah, untuk Dindikbud, juga untuk orang tua siswa sehingga semua bisa mengakses sistem informasi ini" Jelas Bunda Heni.

Berikut ini Kata Bunda Heni manfaat sistem informasi digital bagi sebuah sekolah :

1. Meningkatkan efisiensi administrasi, seperti pengelolaan absensi, jadwal pelajaran, dan pengarsipan data.

2. Memfasilitasi pembelajaran jarak jauh dan penggunaan teknologi dalam kelas.

4. Memungkinkan penggunaan sumber daya pendidikan digital seperti e-book, video, dan aplikasi pendidikan interaktif.

5. Meningkatkan transparansi dan partisipasi orang tua dalam mendukung pendidikan anak mereka. 

6. Memudahkan pemantauan dan evaluasi kinerja siswa dan guru. 

7. Meningkatkan keamanan dan privasi data siswa dan sekolah. (*)

Lebih baru Lebih lama