Pengen Tahu Cara Sehat dan Bugar Selama Berpuasa, Ini Rahasianya?

Ilustrasi, sumber gambar halodoc.com.

BANTENESIA.ID, BANTEN – Seluruh umat muslim diwajibkan menahan lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam selama bulan ramadhan atau disebut dengan berpuasa. Dengan begitu, kondisi tubuh tidak akan terhidrasi dengan baik dan tidak pula terpenuhi kebutuhan vitamin hariannya.

Selain itu, kewajiban untuk meningkatkan aktivitas  ibadah dan bangun di pertengahan malam untuk santap sahur, membuat pola tidur tidak teratur. Sehingga, kiat atau tips menjaga kesehatan tubuh selama bulan ramadhan menjadi penting untuk dipahami dan diterapkan.

Beberapa tips menjaga kesehatan selama bulan ramadhan agar kondisi tubuh berada dalam kondisi yang fit dan siap menjalani ibadah dan segala aktivitas lain. Adapun tips tersebut adalah,

1. Menjaga aktivitas fisik setiap hari minimal 30 menit.

Dengan dimulainya berpuasa, bukan berarti kita tidak boleh banyak melakukan aktivitas. Justru sebaliknya, meski sedang berpuasa, aktivitas fisik secara rutin perlu dilakukan meski hanya beberapa puluh menit setiap harinya. Kepada demikian, akitivitas di pagi hari sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh

2. Menjaga pola makan malam

Makan malam terlalu banyak saat malam hari akan menyebabkan seseorang mengalami obesitas, sehingga harus dihindari. Selain itu juga hindari konsumsi kopi dan soda karena akan menyebabkan sulit tidur dan menimbun banyak lemak.

3. Menjaga pola tidur

Kemudian, paska berbuka puasa di hari pertama dan harus melakukan persiapan untuk sahur dan bangun di pagi harinya, maka hindari tidur terlalu malam untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

4. Menjaga Pola Makan Sahur dengan Baik

Sahur sangat berperan penting dalam menjaga stamina tubuh selama berpuasa dan menjalankan aktivitas di siang hari. Oleh sebab itu, perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur, serta hindari makanan yang tinggi minyak. Karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk di siang hari.

5. Menjaga pola makan saat berbuka

Langsung mengkonsumsi makanan yang banyak ketika berbuka puasa sangat tidak dianjurkan, justru akan menyebabkan perut menjadi sesak. Sebaiknya, makan makanan secukupnya secara bertahap, dimulai dengan mengkonsumsi air putih dan sedikit makanan manis.

Dengan menerapkan 5 tips hidup sehat di atas, diharapkan teman bantenesia.id mampu menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan. Tetap patuhi protokol kesehatan selama menjalankan aktifitas serta segera lakukan isolasi mandiri dan konsultasi ke fasilitas kesehatan terdekat saat mengalami gejala Covid-19.

(Agh/01)




Lebih baru Lebih lama