1.208 Beasiswa Full Sarjana Untuk Pelajar Kota Cilegon Tahun Ke-2 Disalurkan

Wali Kota Cilegon didampingi Kepala Dinas Pendidikan saat menyerahkan bantuan Beasiswa Full Sarjana secara simbolis kepada calon sarjana dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Hotel Aston, Senin (26/12/2022).

BANTENESIA.ID,CILEGON –Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kembali menyalurkan program beasiswa full sarjana  bagi 1.208 orang. Penyaluran tahun ini, merupakan yang ke kedua kalinya dilakukan Pemerintah Kota Cilegon.

Dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon Heni Anita Susila bahwa, tahun 2021, tercatat sebanyak 523 orang penerima manfaat beasiswa, namun terdapat 13 orang yang nilai IPK nya kurang dari 3 sehingga diputuskan untuk tidak diberikan bantuan lebih lanjut. 

Berikutnya tahun 2022 ini tercatat sebanyak 1.208 orang  penerima manfaat, Sehingga jumlah secara keseluruhan selama 2 tahun berjalan itu, total sebanyak 1.731 siswa-siswi calon sarjana asal Kota Cilegon.

"Tahun lalu ada 2 Perguruan Tinggi Negeri dan 13 Perguruan Tinggi  Swasta. Di tahun ini kita sudah ada 19 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang sudah bekerjasama dengan Pemerintah Kota Cilegon. Dan insya Allah, ini sudah menunggu lagi 7 Perguruan tinggi maka tahun depan ada 26 Perguruan Tinggi yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Cilegon." ujar Heni disela acara pemberian bantuan beasiswa full sarjana bagi masyarakat Kota Cilegon di Aston Hotel, Senin (26/12/2022).

Program Beasiswa Full Sarjana merupakan realisasi janji politik Kepala Daerah yang tertuang dalam Kartu Cilegon Sejahtera (KCS) untuk tujuan peningkatan SDM bidang pendidikan dan mendongkrak Indek Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Cilegon.

Adapun jumlah alokasi penerima bantuan untuk lima tahun ke depan sebanyak 5000 orang. Meski begitu Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mensyaratkan nilai IPK tidak kurang dari 3, siswa berprestasi serta warga tidak mampu.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang turut hadir dalam acara pemberian bantuan beasiswa full sarjana itu mengingatkan, seluruh calon penerima manfaat untuk tetap menjaga nilai IPK tidak kurang dari 3. 

Selain itu, Helldy juga menyampaikan program beasiswa full sarjan, terbukti mampu mengurai berbagai persoalan yang tak kunjung terpecahkan seperti, pengangguran, kemiskinan dan gini rasio.

"Intinya kami Pemerintah Kota melihat, mengetahui situasi kondisi bahwa pendidikan bisa merubah paradigma, sekaligus mendongkrak program jangka panjang untuk mencetak generasi emas di tahun 2035 mendatang." paparnya.

Diketahui, pada Maret 202, angka kemiskinan di Kota Cilegon berada di angka 4,24 persen. Sementara pada Maret 2022 menurun menjadi 3,64 persen. Sedangkan angka pengangguran pada Agustus 2021 berada di angka 10,23 perse, dan pada Agustus 2022, penurunan terjadi di angka 8,10 persen.

Sementara Indeks Pembangunan Manusia pada tahun 2021 sebesar 73,35, kemudian meningkat di tahun 2022 menjadi 73,95 persen. Untuk gini rasionya atau kesenjangan sosial sudah mendekati angka nol. 

(Adv).

Lebih baru Lebih lama