Kendali Inflasi Jelang Nataru, Pemkot Cilegon Bahas Kesiapsiagaan Pangan

 

Wali Kota Cilegon bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah saat pembahasan Kesiapsiagaan Pangan jelang Natal dan Tahun Baru  2023. (Foto : Diskominfo).

BANTENESIA.ID, CILEGON – Pemerintah Kota Cilegon menggelar High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) jelang Natal dan Tahun Baru untuk membahas Kesiapsiagaan Pangan, di salah satu hotel di Cilegon, Selasa (13/12/2022).

Wali Kota Cilegon, pada kesempatan itu menyampaikan apresiasinya kepada Kepala Bank Indonesia Perwakilan Banten dan narasumber yang sudah memberikan arahan dalam pengendalian inflasi di Kota Cilegon.

"Inflasi pada bulan November di Kota Cilegon sebesar 5,92%, mengalami penurunan 0,42% dibandingkan bulan oktober sebesar 6,34%," ujar Helldy Agustian, Wali Kota Cilegon.

Meski begitu, angka tersebut tetap perlu diwaspadai mengingat dalam waktu dekat akan menghadapi Natal dan Tahun Baru 2023, lantaran sejumlah kebutuhan pokok diperkirakan mengalami kenaikan harga.

Karena itu, Helldy meminta kepada TPID untuk menyingkapi hal tersebut bersama seluruh komponen yang berada di Kota Cilegon dengan melakukan berbagai langkah sinergis, responsif, dan tepat sasaran dalam menyingkapi potensi inflasi.

Helldy berharap kepada TPID dan instansi terkait agar memberikan informasi dan melakukan upaya pemantauan secara berkala terkait dengan kondisi perkembangan harga komoditas bahan pokok.

"Lakukan upaya pemantauan secara berkala terhadap kecukupan stok barang kebutuhan pokok dan melakukan upaya stabilisasi melalui operasi pasar," terangnya.

Dia juga mengingatkan ihwal sinergitas antara daerah dan pusat agar inflasi dapat teratasi secara bersama-sama.

Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Udung Sukandar menyampaikan tujuan diadakannya HLM TPID dalam rangka pengendalian inflasi yang dapat menimbulkan dampak negatif terhadap perekonomian. Sehingga, diperlukan langkah strategis sebagaimana arahan presiden dan evaluasi mingguan pusat dan daerah yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri jelang Natal dan Tahun Baru.

Turut hadir pada kepagian itu, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Banten Imanuddin Sahabat, Kepala Biro Perekonomian Banten Chalik Lubis, Koordinator Fungsi Statistik Distribusi BPS Kota Cilegon Adji Subekti selaku narasumber acara tersebut. (Aghata).



Lebih baru Lebih lama