Tekan Stunting, Kelurahan Gerem Hadirkan Dapur Sehat

Lurah Gerem Rahmadi Ramidin


BANTENESIA.ID, CILEGON – Pemerintah Kelurahan Gerem Kecamatan Grogol bersama pihak-pihak terkait menghadirkan dapur sehat atasi stunting (DASHAT) berlokasi di Posyandu pisang 2 lingkungan Kembang Sawo RW.11 Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol Kota Cilegon, Kamis (10/11/2022).

Rahmadi Ramidin, Lurah Gerem mengatakan, DASHAT dihadirkan dalam rangka menekan angka stunting. Berawal, dari data yang ada sebelumnya terdapat 114 anak stunting, namun dapat ditekan dengan program Permata Anting pada 3 bulan lalu, dan menurun menjadi 53.

"Hari ini kita lanjutkan dengan intervensi DASHAT, mudah-mudah dari angka 53 semakin menurun yah?" kata Lurah Gerem Rahmadi Ramidin di lokasi peluncuran program DASHAT.

Baca artikel terkait : Terungkap, Lebih dari 1 Juta Keluarga di Banten Beresiko Stunting 

DASHAT akan berlangsung selama 6 bulan dan secara periodik akan dilakukan evaluasi setiap tiga bulan, sehingga anak stunting dapat terkontrol apakah sudah memenuhi kriteria normal atau belum. Jika pun sudah normal maka akan digantikan dengan anak stunting yang lain.

"Dari angka114 menjadi 53 sebetulnya sudah melebihi target. Tapi kami rasa angka ini masih tinggi maka kami intervensi dengan DASHAT." jelas Rahmadi.

Kepala DP3AP2KB Agus Zulkarnain menyebut, program DASHAT ini merupakan inisiasi Kelurahan setempat atas rekomendasi BKKBN dan PPS tingkat I Kota Cilegon dengan melibatkan semua pihak termasuk dunia usaha. Karena itu diharapkan seluruh stakeholder yang ada dapat berperan dalam menekan percepatan penurunan angka stunting di Kota Cilegon.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang hadir pada kesempatan itu mengatakan, dengan adanya program DASHAT angka stunting di Kota Cilegon bisa terus ditekan. Kota Cilegon belum lama ini telah mendapatkan apresiasi dari pemerintah Provinsi Banten atas raihan kota yang mampu menekan angka stunting di Provinsi Banten.  Selain itu Kota Cilegon memiliki banyak Industri dan perusahaan yang diharapkan mampu bersinergi dengan pemerintah Kota Cilegon untuk mendukung program - program stunting di Kota Cilegon. (Agatha)









Lebih baru Lebih lama