Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Pertama Hadir di Cilegon

Foto bersama di depan SPKLU (Dok : KDL) 


BANTENESIA.ID, CILEGON – PT Krakatau Daya Listrik (PT KDL) bidang Energi Baru Terbarukan (EBT) meresmikan pembukaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SKPLU) di The Royale Krakatau Hotel, Senin (28/11). SPKLU merupakan stasiun pengisian daya baterai kendaraan listrik sebagai penunjang mobilitas penggunanya.

The Royal Krakatau Hotel, menjadi tempat SPKLU pertama di Kota Cilegon, sebagai bentuk dukungan kebijakan pemerintah dalam menyiapkan ekosistem Electric Vehicle (EV) serta pengembangan bisnis PT KDL.

Nandang Hariana, Direktur Utama PT KDL mengatakan, pendirian SPKLU ini sejalan dengan visi KDL sebagai perusahaan energi yang mengedepankan energi bersih, ramah lingkungan dan berkesinambungan.

"SPKLU ini akan menjadi awal dari kontinuitas rencana pembangunan SPKLU PT KDL di tiga lokasi lainnya yaitu pembangunan SPKLU di SPBU Grogol, SPKLU TMS Workshop PT KDL, dan SPKLU Anyer," kata Nandang kepada awak media usai peresmian SPKLU.

Nandang mengungkapkan, pekerjaan pembangunan Charging Station bertenaga 11 kW dan voltase 400 V itu menghabiskan waktu dua bulan. 'Untuk kemampuan mengisi daya baterai mobil kurang lebih satu hingga delapan jam tergantung dari kapasitas baterai dan spesifikasi masing-masing mobil," terangya.

Dalam peresmian SPKLU PT KDL itu juga turut diperagakan mengenai cara mengisi daya kendaraan listrik di SPKLU yang baik dan benar. Mulai dari mematikan kendaraan listrik terlebih dahulu, memastikan steker dalam keadaan off, menyambungkan adaptor dengan baterai, menyambungkan kabel charging ke adaptor dan nyalakan tombol charging serta tentukan waktu charging yang diinginkan.

Nandang juga memaparkan target pasar dari pembuatan SPKLU ini adalah kendaraan listrik baik utility maupun pribadi Roda empat dan Roda dua yang mengaspal di Cilegon maupun spesifik di Kawasan Industri Krakatau.

Dengan hadirnya SPKLU pertama di Kota Baja ini, diharapkan akan mendorong pemakaian kendaraan listrik serta menjadi penunjang ekosistem EV yang akan semakin meluas dalam beberapa tahun ke depan.

Ditempat yang sama, Direktur Utama PT Krakatau Steel Silmy Karim menjelaskan, pendirian SPKLU merupakan respon atas kebijakan pemerintah terkait sumber energi terbarukan.

"Dengan aplikasi kendaraan listrik, sehubungan kawasan KS yang luasnya sekitar 4000 hektar. Artinya kita mengintegrasikan kawasan industri ramah lingkungan, yang mendukung prospek jangka panjang di dunia," ujarnya.

Dalam acara peresmian tersebut hadir jajaran manajemen didampingi Direktur Utama Krakatau Sarana Infrastruktur (PT KSI) Agus Nizar Vidiansyah, Direktur Utama PT Krakatau Sarana Properti (PT KSP) Ridi Djajakusuma, dan Direktur Utama PT Krakatau Jasa Industri (PT KJI) Bambang Wahyu Agung.

Turut hadir juga beberapa perwakilan perusahaan mitra juga penyedia mobil listrik seperti, Hyundai, Wuling dan DFSK turut menghadiri acara peresmian SPKLU ini dengan memamerkan mobil andalannya masing-masing. (Aghata).
















Lebih baru Lebih lama