Pasca Merger, Pelindo Banten Raih Penghargaan Best Indonesia Port Company

Moment penerimaan penghargaan 

BANTENESIA.ID, CILEGON Sejak dimulainya merger pada 1 Oktober 2021 hingga 1 Oktober 2022, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) berhasil mendapatkan beberapa penghargaan. Tentu saja perhargaan tersebut atas kerja keras dan pencapaian yang sudah dilakukan. Adapun penghargaan yang didapat antara lain, Penghargaan Nihil Kecelakaan sejak 1 Januari sampai dengan 32 Desember 2022.

Setelah itu, dilanjut dengan mendapatkan penghargaan SNI Award dengan kategori peringkat perak dimana kategori ini telah menerapkan SNI dan menunjukan pencapaian kinerja yang tinggi, kemampuan mengelola perubahan serta melakukan transformasi untuk berkelanjutan organisasi pada tanggal 18 November 2021.

Kemudian Pelindo Regional 2 Banten berhasil menyabet penghargaan untuk kategori "The Best Indonesia Port Company in Service Excellent of The Year", pada ajang Indonesia Best of The Best Award 2022 yang diselenggarakan oleh pihak Indonesia Achievement Center.

Penghargaan kepada PT Pelindo Regional 2 Banten lantaran keberhasilannya dalam melakukan pembenahan dan penataan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh pengguna jasa dan mitra kerja Pelindo dalam kurun waktu satu tahun dibawah komando Agung Fitrianto selaku General Manager Pelindo Regional 2 Banten. Penyerahan penghargaan berlangsung di Ballroom 2 Hotel Mercure Mirama, Surabaya, Jawa Timur pada 22 April 2022.

Pelindo Regional Banten, langsung melakukan refreshment dan seminar Peringatan Bulan K3 tahun 2022 dengan mengundang para stakeholder dan mitra kerja di lingkungan Pelabuhan Banten yang bertempat di Forbis Hotel pada 19 Januari 2022 bertema "Penerapan Budaya K3 Pada setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi".

Hal tersebut telah diatur secara resmi  dengan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI No 202 Tahun 2021. Pada kesempatan itu pula General Manager Regional 2 Banten membuka rangkaian kegiatan Bulan K3 Nasional tahun 2022 dan mengucapkan syukur dan apresiasi atas kinerja seluruh karyawan yang telah mempertahankan zero accident tersebut.

"Pelindo Regional 2 Banten juga memiliki tanggung jawab dan kepedulian khususnya terhadap lingkungna sekitar Pelabuhan dan umumnya melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJLS) yang merupakan komitmen berkelanjutan untuk memberikan kontribusi pada pengembangan ekonomi dari komunitas setempat ataupun masyarakat luas seperti program pelatihan KE Komunitas  Pelabuhan, Program pelatihan dan pembinaan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), bantuan pada anak yatim yang berada di panti asuhan, bantuan sarana dan prasarana untuk rumah ibadah, beasiswa pendidikan, penyediaan air bersih dan program penghijauan." kata Agung Fitrianto, Sabtu (1/10/2022).

Pelindo Regional 2 Banten ini juga mendapatkan kepercayaan dari Kemenko Maritim dan Investasi untuk mengadakan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi yang selanjutnya di sebut Stranas PK. Strategi tersebut merupakan arah kebijakan nasional yang memuat fokus dan sasaran pencegahan korupsi yang digunakan sebagai acuan Kementrian, Lembaga, Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan lainnya dalam melaksanakan aksi pencegahan korupsi di Indonesia.   Acara dihadiri oleh Sahat M. Panggabean sebagai Staff Ahli Bidang Management Konektivitas Kemenko Maritim dan Investasi, Kantor Perwakilan Bea Cukai Merak, Perwakilan Karantina Pelabuhan Banten, KSOP Kelas I Banten serta jajaran Management Pelindo Group wilayah Banten. Pelindo ditunjuk untuk melakukan progres aksi dari Tim Stranas PK dari 13 Cabang Pelabuhan di Lingkungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

" Dalam mendukung Stranas PK telah diimplementasikan sistem layanan Single Truck Identification Data (STID) dan Sistem Monitoring Tenaga Kerja Bongkar Muat (Simon TKBM) di gedung Banten Center, Pelindo Regional 2 Banten pada 14 Juli  2022." tuturnya.

Agung juga mengatakan sebelumnya telah melakukan uji coba terhadap sistem tersebut dari Bulan April 2022 dan Juli 2022 STID dan Simon TKBM dilaunching, serta susah mulai diberlakukan secara penuh. 

"Tujuannya untuk mempermudah dan memperlancar transportasi di Pelabuhan." tutur Agung.

"Semua penghargaan dan pencapaian yang didapat paska merger ini merupakan komitmen Pelindo Regional 2 Banten dalam memberikan kontribusi terbaik untuk negeri. Sekaligus menjadi motivasi bagi kita untuk berperan serta memberikan kontribusi yang lebih baik lagi melalui peningkatan kinerja dan pelayanan dalam rangka menjaga loyalitas pelanggan dan memperkuat Corporate Branding." tambah Agung.


Reporter : Aghata                           




Lebih baru Lebih lama