Kapal Terbakar di Jetty Krakatau Bandar Samudra Ciwandan

Gambar hasil tangkapan layar

BANTENESIA.ID, CILEGON – Kapal MV. Abu Samah terbakar saat bersandar di Jetty 3 B Krakatau Internasional Port (KIP) atau Krakatau Bandar Samudra (KBS), Ciwandan-Cilegon, Minggu (30/10/2022). Namun belum diketahui penyebab pasti insiden tersebut.

Bermula, pukul 05.30 WIB di lokasi dermaga 3 B PT.KIP/KBS, telah terjadi kebakaran di ruang mesin Kapal Abu Samah yang sedang loading/memuat pupuk jenis Dea Amonium Phospat (DAP) milik PT PUSRI dengan Perusahaan Bongkar Muat (PBM) PT KJS dan Agen PT GTM yang saat kejadian telah termuat sekitar 1200 ton pupuk DAP dari 5000 ton kapasitas muatan.

Kemudian pukul 05.10 WIB, salah satu ABK bagian mesin, Gunadi mengetahui asap keluar dari sekitar ruang mesin dan kepulan asap semakin membesar sehingga Gunadi memberitahukan semua ABK Kapal agar dievakuasi  keluar untuk keselamatan.

3 unit mobil pemadam milik PT KIP/KBS, dibantu 2 unit tugboat milik PT.KIP dan PT.PCM diterjunkan untuk melakukan pemadaman sekitar pukul 05.30 WIB karena api semakin membesar dan dikawatirkan merembet ke Kapal lain.

Tak ayal kapal digeser ke tengah laut dengan menggunakan 2 tugboat dengan posisi kapal lego jangkar di sekitar Pulau Ular untuk proses pemadaman.

6 kru kapal telah dievakuasi hal itu disampaikan oleh Bagian Humas Basarnas Banten dalam keterangan tertulisnya 

Pihak Basarnas juga mengatakan sampai saat ini masih dilakukan proses pemadaman dan belum ada korban jiwa yang terkonfirmasi. “Belum ada informasinya terkait korban,” jelas Estu, Humas Basarnas Banten. (*/Red).








Lebih baru Lebih lama