Kantor Pos Cilegon Targetkan 100 Persen Penyaluran BLT BBM Akhir Bulan Ini

 

Kepala Kantor Pos Cabang Cilegon Suyoso

BANTENESIA.ID, CILEGON – Kepala Kantor Pos Cabang Cilegon Suyoso menyebut penyaluran BLT BBM dari Kementrian Sosial untuk warga Cilegon melalui kantor pos  ditargetkan terealisasi 100 persen pada Akhir September 2022 ini. Penyaluran tersebut sudah dilakukan sejak awal bulan atau 6 September 2022 lalu.

Penyaluran terdiri dari dua jenis bantuan, yakni bantuan BLT BBM dan Sembako. Untuk penyaluran BLT BBM sebesar 150 ribu/bulan dan dibayarkan dua bulan atau sebesar 300 ribu. Jumlah  penerima bantuan BLT BBM dan Sembako sebanyak 16.832 KPM. Namun penerima bantuan jenis BLT BBM ada sejumlah 2.889 KPM. Sehingga jumlah total bantuan untuk masyarakat Cilegon dari Kementerian sosial sejumlah  19.721 KPM. Dari total itu, sudah tersalurkan sampai tanggal 25 September 2022 sebanyak 19.334 KPM atau 98,04 persen.

Untuk sisanya, adalah yang gagal bayar terdiri dari yang sudah meninggal KK tunggal, pindah alamat dan atau sudah mampu dengan jumlah 288 KPM. Sementara sisa yang masih aktif tersisa 99 KPM.

"Jadi kalau dikurangi dengan gagal bayar, berarti sudah terealisasi 99,50 persen. Tinggal sedikit lagi dan ini akan diselesaikan akhir bulan ini." kata Suyoso diruang kerjanya, Senin (26/9/2022).

Baca artikel terkait : Belum Tuntas Salurkan BLT Pusat Pemkot Cilegon Dapat Bantuan Susulan dari Provinsi 

Adapun mekanisme penyaluran BLT BBM sambung Suyoso dengan 3 cara, yakni penyaluran melalui komunitas, kantor pos dan door to door. Untuk cara door to door sudah dilakukan sejak tanggal 22 September kemarin lalu. Sementara sisa 99 KPM akan diselesaikan dengan cara door to door dan diyakinkan akan selesai dalam tempo dua hari ke depan.

"Kita masih harus menyelesaikan yang 99 KPM ini. Harus terselesaikan dua hari ini." tuturnya.

Jumlah yang disalurkan menurut Suyoso, seluruhnya empat bulan, namun yang baru dibayarkan dua bulan. Terkait data PKM, kantor pos hanya sebagai penyalur, dan tidak bisa memberikan data kepada semua pihak terkecuali pihak yang berhak, salah satunya adalah Dinas Sosial. karena instansi tersebut langsung menangani persoalan tersebut.

"Kalau data sudah saya berikan ke dinsos, agar itu menjadikan cek and balance bagi dinsos untuk turut mengawasi mana yang sudah dapat dan mana yang belum." terangnya.

Dirinya juga menyampaikan setelah mendapatkan informasi ihwal penyaluran BLT BBM, langsung melakukan kordinasi dengan dinas sosial, aparatur TNI/Polri dan pihak terkait lainnya sehingga penyaluran berjalan lancar.

Karena itu Suyoso mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Cilegon yang telah mendukung kantor pos Cilegon sebagai penyalur BLT BBM dan Sembako itu. Dan tentunya diharapkan bantuan-bantuan lainnya dapat disalurkan juga melalui kantor pos. (*/Red).

Lebih baru Lebih lama