Helldy Promosikan Cangkul Produk UMKM Cilegon Berbahan Baku Baja

 

Gambar : Diskomsantik Cilegon

BANTENESIA.ID, CILEGON –
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mempromosikan produk UMKM Kota Cilegon dihadapan Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Wali Kota se-Indonesia di acara "Afternoon Coffee" Kompas Collaboration Forum (KFC) - City Leaders Community #APEKSinergi, di Kebun Raya Bogor, Sabtu (03/09) lalu.

Salah satu produk yang di tunjukan yakni, cangkul merah putih. Cangkul tersebut merupakan salah satu produk lokal asli kota Cilegon yang telah diproduksi sejak tahun 2021, dimana dalam proses pembuatannya melibatkan salah satu kebudayaan lokal Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) DPD Kota Cilegon sebagai pengrajin, dan berkolaborasi dengan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Krakatau Steel sebagai  pensuplay bahan baku. 

Helldy Agustian menjelaskan, jika produk cangkul merah putih berbeda dengan produk cangkul lainnya, karena bahan baku yang digunakan terbuat dari baja serta memiliki ketebalan yang lebih besar. "Produk cangkul ini memiliki keunggulan tersendiri, salah satunya yaitu bahan baku yang terbuat dari baja. Pasti tahan lama serta ketebalannya juga berbeda dengan cangkul lainnya," ucapnya.

Produk cangkul wong Cilegon itu lanjut Helldy, telah banyak diminati dan memiliki harga yang terjangkau. Adapun harga dari cangkul tersebut cukup terjangkau, mulai dari harga 50 rb hingga 70 rb lengkap dengan gagang kayu.

"Tadi juga Pa Menteri, mengecek kualitas cangkulnya dengan mengetok-ngetok bahannya dan mengakui bahwa cangkul ini memiliki ketebalan yang bagus," sambung Helldy.

Helldy berharap dengan mempromosikannya cangkul ini, maka karya masyarakat Cilegon bisa dikenal secara luas. "Promosi ini menjadi penting bagi kami, agar karya wong Cilegon dapat dikenal seluruh Indonesia, jadi kita harus bangga dengan produk-produk buatan kita sendiri agar meningkatkan pertumbuhan UMKM di Cilegon," harapnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisita dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendukung penuh penggunaan produk dalam negeri agar menumbuhkan UMKM. "Terima kasih kepada APEKSI, 98 kota ini yang menjadi leader bangga produk lokal dengan memfasilitasi kegiatan yang positif ini, saya pikir pembahasan ini cukup penting sekali demi menumbuhkan UMKM kita, karena kalau bukan kita siapa yang bisa memajukan UMKM," ungkapnya.

Sandiaga mengajak masyarakat Indonesia untuk menggunakan produk lokal. "Mungkin kita menggunakan produk lokal merasa tidak nyaman, misal sepatu bikin lecet, nah hal itu tidak akan dirubah produsen kalau kita tidak menggunakan, jadi mereka tidak tau kalau produknya tidak nyaman, untuk mencapai kenyamanan itu mari kita mulai dengan menggunakan produknya, agar UMKM kita bisa lebih baik lagi," tuturnya. (*/Diskominfo).





Lebih baru Lebih lama