Dua Tahun Vakum, IPSI Cilegon Siap Gelar Festival Golok Day

Ketua Panitia Penyelenggara Festival Golok Day 

BANTENESIA.ID, CILEGON –Perhelatan Festival Golok Day kembali akan di gelar setelah dua tahun vaccum akibat pandemi covid. Event ini biasa di helat oleh IPSI Cilegon dan pemerintah daerah setiap tahunnya. Namun kali ini ada yang berbeda, IPSI menggelar perhelatan tersebut secara mandiri tanpa bantuan anggaran dari pemerintah daerah.

Padahal, event tersebut merupakan salah satu ikon di kota Cilegon yang patut dijaga dan lakukan secara konsisten. Sehingga, upaya melestarikan budaya pencak silat dan pengembangan generasi pencak silat.

Ketua panitia penyelenggara, Rufaji mengatakan, event tetap akan dilaksanakan meski tidak mendapatkan anggaran dari pemerintah. Bahkan dirinya mengklaim selain sebagai ketua panitia, dirinya juga merupakan donatur utama atas perhelatan tersebut, dan telah menggelontorkan dana bantuan sebesar 100 juta demi terwujudnya perhelatan festival Golok Day.

"Tentu ini semata-mata karena saya lahir dan dibesarkan oleh IPSI. Dalam rangka menjaga dan melestarikan budaya yang ada maka dengan segala resiko akan saya perjuangkan." ucapnya, Kamis (8/9/2022).

Perlu diketahui kata Rufaji, dua ikon kota Cilegon yang merupakan kebanggan masyarakat Cilegon, yakni Kota Santri dan Kota Jawara adalah ikon yang harus dijaga dan dirawat sebaik-baiknya. Karena itu kata dia, jika kedua ikon itu  tidak dijaga dan dipertahankan, maka ikon tersebut akan hilang. Tak ayal dirinya bersama 8 anak cabang IPSI se-Kota Cilegon, dan 3 Pilar, bertekad menggelar festival tersebut.

"Tujuan diselenggarakannya festival ini untuk menunjukan kepada masyarakat terkait eksistensi seni dan budaya yang ada di Cilegon. Bukan hanya untuk masyarakat cilegon dan indonesia saja, melainkan masyarakat dunia." terangnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, generasi muda sebagai pewaris budaya harus mengetahui dan mengingat terkait seni dan budaya yang ada. Selain itu, masyarakat luas juga perlu mengetahui apa itu Golok Day, dan bagaimana sejarah lahirnya. 

"Dengan tekad yang bulat dan keyakinan yang ada serta dukungan dari 8 anak cabang dan 3 Pilar, Insya Allah Festival Golok Day akan berjalan dengan lancar. Budaya ini harus tersampaikan kepada generasi penerus." tuturnya.(Aghata).


Lebih baru Lebih lama