Dinkes Cilegon Tunggu Hasil Diagnosa Kasus Cacar Monyet

 

Dinkes Cilegon saat jumpa pers 

BANTENESIA.ID, CILEGON– Seorang warga Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon diduga terjangkit virus cacar monyet (Monkeypox). Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Ratih Purnamasari, saat jumpa pers di kantor Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Kamis,(11/08/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon Ratih Purnamasari mengatakan, warga Pulomerak berinisial Y (61) diduga terpapar cacar monyet (Monkeypox) setelah memeriksakan diri ke Puskesmas Pulomerak dan ditemukan gejala (tidak spesifik) cacar monyet (Monkeypox).

"Warga Pulomerak berinisial Y (61), berobat ke puskesmas Pulomerak, diperiksa oleh tim medis puskesmas dan ditemukan gejala tidak spesifik Monkeypox atau cacar monyet," Katanya di depan awak media.

Hingga saat ini, kata Ratih Purnamasari, warga tersebut dalam keadaan baik dan  sedang dalam proses isolasi di rumah dengan pantauan time medis.

"Pasien kini dalam keadaan umum yang baik dan sedang melakukan isolasi mandiri berdasarkan laporan pemantauan puskesmas Pulomerak."

Lebih lanjut Ratih Purnamasari mengatakan, meskipun gejalah yang didapati tidak spesifik Monkeypox, namun dalam upaya meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit Monkeypox, serta mengupayakan penemuan dan respon yang sesuai kriteria kasus sebagaimana tertuang dalam pedoman pencegahan dan pengendalian Monkeypox yang telah dikeluarkan oleh kementerian Kesehatan RI, maka dilakukan investigasi dan pelacakan kontak erat terhadap pasien. k

Selain itu, tim medis Dinas Kesehatan Kota Cilegon juga mengambil beberapa sampel darah pasien untuk dikirim ke Bandan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Jakarta. 

"Tujuannya untuk mengetahui diagnosa pasien," Ujar Ratih Purnamasari.

Kendati demikian, Kadinkes Cilegon Ratih Purnamasari menyampaikan kepada masyarakat agar tidak perlu resah. Ia juga  mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat sehingga terhindar dari penyakit menular.

"Seperti mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, kemudian jika kita memakan daging pastikan sudan dimasak sampai matang,"katanya.(Arif)

Lebih baru Lebih lama