Pentingnya Merancang Jurusan Pendidikan Untuk Masa Depan

 

Gambar : quipper.com

BANTENESIA.ID, — Guna merancang kehidupan untuk masa yang akan datang, khususnya usia produktif  terkait dengan kebutuhan lapangan pekerjaan, tentu wajib difikirkan dari mulai sekarang.

Sekaligus mulai menentukan jurusan apa yang akan diambil, sehingga nantinya membuat langkah menjadi fokus dan terarah.

Dalam menentukan pilihan jenis pekerjaan tergantung keinginan diri kita masing-masing sesuai dengan minat, keahlian dasar yang dimiliki, prospek jangka panjang dan lainnya.

Oleh sebab itu, Bantensia.id, coba menawarkan beberapa pilihan jurusan yang masih memiliki prospek yang bagus dan cerah.

Inilah beberapa jurusan yang bisa anda pertimbangkan untuk mendapatkan pekerjaan paska lulus nanti,

1. Desain grafis

Di era digital saat ini, keahlian dibidang  desain grafis banyak dibutuhkan oleh perusahaan untuk menunjang eksistensi bisnisnya sekaligus sebagai inovasi untuk meraup pasar.

2. Manajemen Bisnis

Jenis pekerjaan yang berhubungan dengan manajemen bisnis, masih memiliki prospek yang bagus, apalagi persaingan bisnis saat ini begitu ketat, sehingga kemampuan dibidang manajemen bisnis tentu banyak dibutuhkan berbagai perusahaan.

3. Teknik Informatika dan Cyber Security

Lulusan jurusan ini juga sangat dibutuhkan di era seperti sekarang. Karena, semua jenis pekerjaan sebagian besar menggunakan gadget atau gawai.

Untuk jurusan cyber security memang terbilang masih langka. Meski demikian, banyak dari lulusannya dibutuhkan oleh perusahaan.

4. Teknik Elektro

Hampir seluruh kebutuhan hidup berkaitan dengan elektronik. Jadi urusan ini juga masih menjadi pilih terbaik untuk mendapatkan pekerjaan dimasa yang akan datang.

5. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan (AI)

Belum banyak perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini. Namun, pengembangan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan (AI) saat ini terus berkembang.

6. Hukum

Jangan berpikir kalau kuliah di jurusan hukum akan terbatas. Jurusan ini justru akan dapat peluang diberbagai bidang seperti, pemerintahan, perusahaan dan lainnya.

7. Pendidikan

Jurusan pendidikan tak kalah penting. Lembaga pendidikan Seperti, Perguruan Tinggi, Sekolah Menengah Atas/ Kejuruan, SMP dan SD ,atau bahkan Paud dan TK tak lekang oleh waktu dan akan terus membutuhkan tenaga pengajar mengingat kewajiban warga negara adalah memperoleh pendidikan

8. Pariwisata

Industri Pariwisata saat ini tengah menjadi perhatian pemerintah untuk terus berupaya  mendorong pengembangannya.
Sektor pariwisata seperti hotel, wisata pantai, kafe dan lain sebagainya yang terus berkembang, secara otomatis membutuhkan keahlian dibidang Pariwisata.

9. Kesehatan

Jurusan kesehatan selalu dibutuhkan kapanpun dan di manapun. Menjadi seorang Dokter, Perawat maupun bidang Farmasi.

2 tahun lebih Indonesia dilanda pandemi covid-19, kebutuhan tenaga kesehatan meningkat drastis.

10. Psikologi

Beberapa pekerjaan yang membutuhkan lulusan psikologi adalah HRD dan guru BK.

Pekerjaan lain yang membutuhkan lulusan psikologi, yakni UX Researcher.

11. Statistik

Kebutuhan akan big data semakin meningkat. Maka semua data akan diarsipkan dalam bentuk digital. Tidak aneh jika lulusan ini dicari sejumlah perusahaan.





Lebih baru Lebih lama