Ketahui Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan di HP Android Anda

 


BANTENESIA.ID, TEKNOLOGI — Sistem operasi pada perangkat elektronik seperti HP dan Tablet anda disebut dengan Android. Perangkat elektronik digunakan untuk keperluan hiburan, belajar, mencari pengetahuan baru dan lainnya.

Sebagai sebuah sistem, yang tersematkan pada perangkat dengan spesifikasi yang sudah  disesuaikan. Versi Android yang digunakan tidak sesuai dengan peruntukannya maka, penggunaan sistem ini tidak bisa berjalan maksimal.

Kerap tidak disadari jika, penyimpanan pada perangkat yang anda miliki sudah diambang batas. Penyimpanan yang penuh pada perangkat Android tentu mempengaruhi kerja dari HP ataupun Tablet itu sendiri. Sehingga, selain penyesuaian komponen utama seperti penyimpanan external juga perlu menjadi perhatian pada sebuah perangkat berbasis Android.

Agar perangkat yang digunakan bisa bertahan lama, maka begini cara mengosongkan ruangan pada Android tanpa menghapus aplikasi.

1. Hapus cache

Semakin lama sebuah aplikasi digunakan, tentu cache yang ada semakin besar. Anda bisa menghapus cache yang ada pada setiap aplikasi untuk menambah kapasitas penyimpanan pada perangkat dengan sistem operasi Android. Karena setiap perangkat elektronik tentu memiliki cahce yang dihasilkan selama pemakaian. Penghapusan cache tidak akan menghilangkan data anda. Bahkan dengan menghapus cache, aplikasi yang ingin dibuka menjadi lebih cepat dan lancar.

2. Menghapus file ganda

File ganda bisa terjadi pada sebuah perangkat. Contohnya adalah file yang dikirimkan melalui grup WhatsApp. Disadari atau tidak, anda mungkin telah mendownload dua file serupa pada perangkat yang digunakan. Menghapus file bisa dilakukan untuk menghemat ruang penyimpanan yang tersedia.

3. Menggunakan layanan cloud

Sistem cloud atau berbasis awan adalah salah satu langkah untuk menggantikan penggunaan penyimpanan eksternal. Anda bisa menggunakan layanan dengan basis cloud seperti Google Drive, Mega, dan lain sebagainya untuk penyimpanan file yang anda miliki. Memang dalam penggunaannya sistem penyimpanan berbasis cloud memerlukan koneksi internet. Namun cara ini ampuh untuk mengatasi gangguan dari sistem penyimpanan yang habis.

4. Batasi penggunaan aplikasi

Selain data atau file yang tersimpan pada sistem penyimpanan, aplikasi juga merupakan salah satu penyebab utama dari habisnya kapasitas storage yang tersedia. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan aplikasi yang diperlukan saja. Cara lain yang patut dicoba adalah menggunakan aplikasi lite.  Aplikasi lite mampu mengurangi jumlah penyimpanan yang diperlukan.

5. Kurangi penyimpanan musik dan video

Jika kamu orang yang gemar mendengarkan musik atau menonton video, kamu perlu sedikit mengurangi aktifitas itu. Pasalnya,

Terlalu banyak menyimpan musik dan video akan memakan tempat pada sistem penyimpanan. Kamu bisa menghapus sebagian musik atau video yang mungkin jarang didengarkan. Anda bisa menggunakan aplikasi seperti YouTube untuk mendengarkan lagu dan menonton video tanpa perlu memikirkan kapasitas penyimpanan.

6. Restart perangkat

Merestart perangkat akan mampu menghapus beberapa cache yang ditimbulkan selama proses pemakaian perangkat seperti HP dan tablet meski tidak memberikan dampak signifikan.

Lakukan restart, setidaknya tiga hari sekali untuk membersihkan cache yang ditimbulkan selama proses penggunaan perangkat tersebut.

7. Gunakan penyimpanan tambahan

Memori card berfungsi sebagai sistem penyimpanan tambahan. Dengan menggunakan memori card, anda bisa menyimpan beberapa data penting hingga aplikasi. Maka, sistem penyimpanan internal yang ada pada perangkat HP dan tablet bisa sedikit lega.

8. Pindahkan file ke perangkat lain

Selain HP dan tablet, beberapa perangkat elektronik lainya bisa digunakan untuk menyimpan data. Kamu bisa memindahkan sebagian data yang dimiliki ke dalam laptop maupun komputer. Penyimpanan pada laptop atau komputer yang lebih besar cenderung mudah digunakan untuk menyimpan data yang anda miliki.

9. Melakukan reset pabrik

Cara ini mungkin terdengar sedikit rumit namun pasti berhasil. Ketika anda melakukan reset pabrik, semua data yang ada akan terhapus. Cara ini bisa membuat perangkat HP dan tablet bisa kembali lega. Meskipun begitu, cara ini tidak bisa sering dilakukan. Mungkin cara ini bisa dilakukan jika delapan cara sebelumnya sudah tidak bisa dilakukan lagi.





Lebih baru Lebih lama