Ini Makna Kemerdekaan Menurut Dandim 0623 Cilegon

 

Dandim 0623 Cilegon Letkol Inf Ari Widyo Prastyo

BANTENESIA.ID, CILEGON – Arti kemerdekaan menurut Komandan Kodim 0623 Cilegon Letkol Inf, Ari Widyo Prasetyo adalah wujud kebebasan dalam berkarya serta memberikan manfaat berdasarkan kemampuan yang dimilikinya. Demikian dia sampaikan usai melaksanakan upacara HUT RI Ke 77 di alun - alun Cilegon, Rabu (17/8).

"Kemerdekaan adalah ketika kita bisa melakukan berbagai hal baik, seperti berkarya untuk mengisinya atau selain itu kita bisa membaktikan diri melalui bidang masing-masing yang kita miliki"ujarnya.

Lebih lanjut, Ari Widyo  mengatakan, semakin banyaknya tantangan dari kemerdekaan itu sendiri, utamanya banyaknya modernisasi dari luar masuk yang bisa mempengaruhi anak bangsa, maka perlu mempersiapkan generasi agar mampu menjadi pesaing dalam membersamai secara mandiri.

"Sekarang kita harus mempersiapkan diri menjadi generasi yang mandiri karena sekarang banyak segala sesuatu yang barus masuk dalam moderenisasi ini"ungkapnya

Sisi lain, makna kemerdekaan dari pandangan seniman pelukis dua alam Toing Alam mengatakan, kemerdekaan merupakan sebuah tindakan tanpa ada aturan mengikat serta tidak terlalu mengharapkan terhadap pemerintah.

"Apakah kita saat ini masih terkungkung atau masih mengharap terhadap upaya pemerintah dalam melakukan sesuatu tanpa ada rasa kemandirian yang bebas. Hal  itu tidak merdeka karena masih tergantung terhadap diluar diri kita" tuturnya.

Sedangkan tugas untuk saat ini Toing mengatakan harus menjaga moral, etika serta budaya, karena hal itu terus dijajah oleh dunia luar yang mengakibatkan terkikisnya moral.

"Hal itu akan terus menghilang maka kaula muda harus mencintai budaya kita agar moral, etika jati diri tidak tertindas dan terkikis oleh perkembangan jaman"pungkasnya

Lebih baru Lebih lama