Hasil PCR Warga Pulomerak-Cilegon Negatif dari Suspek Cacar Monyet

 

ilustrasi : gambar healt.detik.com

BANTENESIA.ID, JAKARTA – Kasus dugaan Cacar Monyet yang ditujukan pada lansia berusia 61 tahun, warga Pulomerak - Cilegon akhirnya dinyatakan negatif oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) Mohammad Syahril.

"Di kota Cilegon memang ada kasus suspek cacar monyet. Namun sore ini sudah ada hasil PCR-nya negatif," kata Syahril Kamis 11/8/2022) dikutip dari Tribunnews.com.

Dengan demikian kata dia, belum ada kasus monkeypox di Indonesia. Yang bersangkutan masuk kategori discarded (disingkirkan) dari suspek cacar monyet.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, pasien suspek tersebut tidak memiliki riwayat berpergian ke luar negeri.

Pasien suspek menjalani isolasi dikediamannya, mengingat gejala yang dialami hanyalah gejala ringan. Adapun gejala yang dialami adalah gejala ruam dan vesikel terutama di badan, sejak 5 Agustus diawali dengan panas. 

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Kota Cilegon tengah melakukan penelitian terhadap warga Pulomerak yang diduga terkena suspek cacar monyet. Bahkan, telah mengirimkan sampel ke Jakarta untuk diteliti kepastiannya.(*).







Lebih baru Lebih lama