Capaian MCP Pemkot Cilegon Tahun Anggaran 2022 Terendah Se-Banten

 

Sekda tengah memberikan arahan


BANTENESIA.ID, CILEGON – Pemerintah Kota Cilegon  menggelar rapat evaluasi capaian pemenuhan dokumen Monitoring Centre for Prevention (MCP) Kota Cilegon tahun anggaran 2022 bertempat di Aula Inspektorat Kota Cilegon, Senin (22/08).

Wakil Wali kota yang hadir pada  kegiatan itu menjelaskan bahwa MCP merupakan aplikasi yang dipergunakan untuk melakukan monitoring capaian kinerja program pencegahan korupsi. "Pertama, perlu saya sampaikan bahwa MCP ini merupakan sebuah aplikasi atau dashboard yang dikembangkan oleh KPK untuk melakukan monitoring capaian kinerja program pencegahan korupsi, melalui perbaikan tata kelola pemerintahan yang dilaksanakan pemerintah daerah di seluruh Indonesia," kata Sanuji, Wakil Wali Kota Cilegon.

Lebih lanjut, dia mengatakan ada beberapa hal yang menjadi area intervensi dalam MCP. "Berbicara tentang MCP, beberapa hal yang menjadi catatan area Intervensi MCP yaitu Pengelolaan APBD, Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak Daerah, Pengelolaan Aset, serta Dana Desa," ujarnya.

Dia juga berharap setelah diadakannya rapat evaluasi capaian pemenuhan dokumen MCP, ada progres yang harus ditingkatkan yang tentunya diperlukan komitmen bersama.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin menegaskan kepala seluruh OPD untuk segera mengupload dokumen, dan berkoordinasi langsung dengan Inspektorat Kota Cilegon. "Dalam pertemuan
ini, saya tegaskan kepada masing-masih OPD untuk segera mengupload dokumen dengan koordinasi bersama inspektur karena dokumen ini mencakup penilaian," tegasnya.

Inspektur inspektorat Kota Cilegon Mahmudin menjelaskan bahwa persentase area MCP Kota Cilegon masih rendah. "Terkait capaian MCP Tahun Anggaran 2022, dapat kami laporkan dari 7 area yang hari ini akan kita tindak lanjuti yaitu persentase area MCP Kota Cilegon memang masih dikategorikan paling bawah di antara 8 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Banten," ungkapnya.

Karena itu, hal tesebut membutuhkan sebuah kerja keras. Dan tentunya ini juga membutuhkan komitmen kita bersama. Berikut Pencapaian MCP Kota Cilegon Tahun Anggaran 2022, diantaranya Perencanaan dan Penganggaran APBD mencapai 29,0%, Pengadaan Barang dan Jasa mencapai 42,82%, Perizinan mencapai 47,61%, Pengawasan APIP mencapai 51,49%, Manajemen ASN mencapai 42,99%, Optimalisasi Pajak Daerah mencapai 9,10%, dan Manajemen Aset Daerah 36,36%. (Aghata).

Lebih baru Lebih lama