Bawaslu Cilegon Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif

 

Plt Ketua Bawaslu Cilegon

BANTENESIA.ID CILEGON - Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) kota Cilegon mulai mensosialisasikan peran pengawasan dalam persiapan menjelang pemilihan serentak di tahun 2024. Peran pengawasan tentu akan melibatkan masyarakat dan mahasiswa sebagai pengawas pastisipatif.

Dalam upaya menghindari kecurangan-kecurangan dalam proses pemilihan serentak tahun 2024 mendatang, Bawaslu sudah mempersiapkan pengawasan pemilu dengan membuka pengawas simpatisan.

Badan Penangan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Urip Haryanto mengatakan dalam pengawasan nanti di tahun 2024 mendatang, pasti akan membutuhkan partisipan yang banyak untuk pengawasan.

"Karena ada kewajiban dari kita dalam pengembangan pengawasan partisipatif, maka dengan ini kita harus melibatkan masyarakat untuk menjadi bagian dalam pengembangan" ungkapnya di kantor Bawaslu kota Cilegon, Selasa,(09/08/22).

Untuk saat ini lanjut Urip, bahwa sebenarnya saat ini sedang menargetkan sekaligus melibatkan mahasiswa sebagai bentuk sosialisasi agar lebih luas untuk kalangan muda. 

"Tentu mahasiswa kan barang kali bisa untuk menyampaikan, mentransformasikan kepada organ-organ dalam memberi informasi kepada temennya dan lingkungan-lingkungannya" katanya 

Selain itu Urip juga menyampaikan kepada masyarakat agar tidak salah paham mengenai pemilihan serentak bukan berarti pemilihan yang dilakukan dalam satu pemungutan suara pada hari itu, tetapi pemilihan serentak merupakan pemilihan semua pemimpin dengan satu tahun yang sama. 

"Informasi ini kan harus kami sampaikan kepada masyarakat, karena barangkali masyarakat trauma dengan kasus 2019, tapi nanti teknisnya ada di KPU" tuturnya 

Dalam semuanya ini Urip juga mengatakan bahwa Bawaslu sudah siap melakukan pemilihan secara serentak sekaligus sudah membuka pendaftaran bagi siapapun untuk menjadi bagian sebagai pengawas pemilu 2024 mendatang. "Sekarang kami sudah melakukan meja pembukaan bagi siapa saja yang ingin mendaftar  menjadi bagian pengawas dan penutupan akhir hingga sampai nanti minus 7 hari pemilu kita tutup" ujarnya. (Firman).

Lebih baru Lebih lama